Sah, Sumadi Jadi Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Tri Saktiyana Bupati Kulonprogo

Kuntadi ยท Minggu, 22 Mei 2022 - 11:23:00 WIB
Sah, Sumadi Jadi Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Tri Saktiyana Bupati Kulonprogo
Sumadi dan Tri Saktiyana membacakan pakta integritas usai dilantik menjadi Penjabat wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulonprogo, di Kepatihan, Yogyakarta, Minggu (22/5/2022). (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Sumadi sebagai Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Tri Saktiyana sebagai penjabat Bupati Kulonprogo di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Minggu (22/5/2022). Pelantikan ini dilakukan mendasarkan pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri.

Pelantikan ini mendasar pada Keputusan Mendagri Nomor 131.34-1176 tahun 2002 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Nomor 131.34-1177 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Kulonprogo.  Pelantikan dilakukan seiring berakhirnya masa jabatan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta serta pasangan Sutedjo-Fajar Gegana sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo periode 2017-2022. 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi, saat ini menjabat sebagai Asisten Sekda DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum. Sedangkan Tri Saktiyana menjabat sebagai Asisten Sekda DIY bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Pelantikan dilakukan oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X dengan pengucapan sumpan dan janji. Kedua penjabat juga mengucapkan pakta integritas untuk tidak akan melakukan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN). Mereka juga akan bekerja secara trasparan, jujur, obyektif dan akuntabilitas. 

Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutannya mengingatkan kedua penjabat ini memiliki hak untuk melakukan mutasi dan pelantikan pejabat. Termasuk dalam mengeluarkan izin ataupun membatalkan perizinan baru. Namun khusus dalam pembahasan raperda dan harus meminta persetujuan dan izin dari Kemendagri.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: