Sanksi Menanti Jika SMAN 1 Banguntapan Terbukti Paksa Siswi Pakai Jilbab

Antara ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 10:25:00 WIB
 Sanksi Menanti Jika SMAN 1 Banguntapan Terbukti Paksa Siswi Pakai Jilbab
Ilustrasi. Disdikpora DIY siap memberi sanksi jika SMA Negeri 1 Banguntapan, Kabupaten Bantul terbukti melakukan pemakasaan pemakaian jilbab. (Foto : Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sanksi menanti jika SMA Negeri 1 Banguntapan, Kabupaten Bantul terbukti melakukan pemakasaan pemakaian jilbab terhadap salah seorang siswinya. Penegasan ini disampaikan Disdikpora DIY.

"Dalam proses yang kita lakukan, kalau memang di kemudian hari ada oknum dari sekolah itu melakukan pelanggaran ya tentunya harus diberi sanksi," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Didik Wardaya dikutip dari laman resmi Pemda DIY, Selasa (2/8/2022).

Untuk diketahui Disdikpora DIY pada Senin (1/8/2022) telah memeriksa kepala sekolah, guru bimbingan konseling (BK), guru agama, serta wali kelas SMA Negeri 1 Banguntapan terkait dugaan pemaksaan memakai jilbab terhadap salah seorang siswi beragama Muslim kelas X.

Menurut Didik, apabila dari hasil penyelidikan terbukti sekolah melakukan pelanggaran, maka Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY akan memberikan sanksi.
Namun terkait bentuk sanksinya, Didik belum dapat memastikan.

"Sanksinya nanti kita lihat dari PP Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Nah, di sana nanti kita kita lihat seberapa jauh tingkat pelanggaran yang dilakukannya apabila terbukti," ujar Didik.

Sejauh ini, menurut dia, guru yang diduga terlibat telah memberikan penjelasan berbeda sehingga perlu dilakukan cek silang ("cross check") dengan pihak terkait lainnya.

Didik menuturkan bahwa sesuai dengan Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014 sudah diatur bahwa tidak boleh ada pemaksaan menggunakan atribut agama tertentu di sekolah negeri.

Sekolah tidak boleh membuat peraturan atau imbauan bagi peserta didik untuk menggunakan model pakaian khusus agama tertentu sebagai pakaian seragam sekolah.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: