Satgas Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Periksa Ternak yang Terinfeksi PMK

Kuntadi ยท Rabu, 22 Juni 2022 - 16:15:00 WIB
Satgas Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Periksa Ternak yang Terinfeksi PMK
satgas PMK Fakultas Kedokteran UGM memeriksa ternak yang terserang PMK di Sleman. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) menerjunkan tim dokter untuk melakukan pemeriksaan hewana di Desa Bimartano, Ngemplak, Sleman. Kandang tersebut dihuni 50 ekor sapi, 90 persen di antaranya terinfeksi PMK. 

Satgas ini menerjunkan tiga dokter hewan dan enam mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Mereka melakukan pemeriksaan lanjutan, yang awalnya dilakukan oleh Puskesmas Ngemplak. 

“Kami melakukan pemeriksaan lanjutan. PMK memang memerlukan beberapa kali terapi dan di kandang ini ada yang sudah mendapatkan penanganan kedua, ketiga, dan ada juga temuan baru,” kata drh Dwi Sunu Datrianto, Rabu (22/6/2022). 

Pemeriksaan dan pengobatan dilakukan dengan pendampingan oleh drh Yeni kurniawati dari Puskeswan Ngemplak. Tim juga melakukan komunikasi dengan peternak serta dokter hewan di lapangan juga memberikan edukasi kepada para peternak terkait kebersihan ternak dan kandang serta langkah-langkah antisipatif.

“Harus rutin menyemprotkan disinfektan setiap hari. Kami juga sudah berdiskusi dengan kelompok ternak, setelah ini akan dilakukan lockdown dengan pembatasan transportasi ternak serta keluar masuk orang,” ujar Dwi.

Satgas PMK FKH UGM juga melakukan memeriksaan dan melakukan pengobatan ternak di Kabupaten Bantul, Boyolali, dan Cilacap. Satgas ini dibentuk untuk mendukung penanganan PMK oleh para dokter hewan di lapangan, khususnya pada kandang atau peternakan yang memiliki ternak dalam jumlah besar.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: