SD Negeri Ngrojo di Kulonprogo Tak Dapat Siswa Baru, Total Hanya 8 Anak

Kuntadi ยท Selasa, 12 Juli 2022 - 16:15:00 WIB
SD Negeri Ngrojo di Kulonprogo Tak Dapat Siswa Baru, Total Hanya 8 Anak
SD N Ngrojo tidak mendapatkan siswa baru dalam PPDB tahun ini. Total hanya mmeiliki delapan siswa. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - SD Negeri Ngrojo yang terletak di Kalurahan Kembang, Kapanewon Nanggulan, Kulonprogo kembali tidak mendapatkan murid dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022. Sampai dengan pendaftaran ditutup tidak ada satupun calon siswa yang mendaftar. 

“Sampai PPDB ditutup tidak ada siswa yang mendaftar di SD Ngrojo,” kata Kepala SD N Ngorjo, Bambang Sriyanta, Selasa (12/7/2022). 

Menurutnya, kondisi ini tidak lepas dari jumlah lulusan TK di sekitar SD Ngrojo yang memang minim. Lokasi sekolahnya juga berdekatan dengan empat SD lain yang ada di tengah permukiman penduduk, di antaranya Madrasah Ibtidaiyah (MI) Grubug, SD N Jatisarono, SD N Boto dan SD Kanisius Kenteng.

SD ini didirikan pada tahun 1982 dan setiap tahun jumlah siswa yang mendaftar sangat minim. Jumlah siswa dari kelas I sampai kelas VI hanya ada 8 orang dengan rincian kelas II ada dua siswa, kelas IV ada tiga siswa kelas V ada satu siswa dan kelas VI ada dua siswa. 

“Kelas tiga juga tidak ada siswanya. Padahal jumlah gurunya ada 11 orang, lima guru kelas guru mata pelajaran ada tiga, guru agama dua dan satu guru olahraga,” katanya. 

Sekolah sebenarnya sudah berupaya untuk menjaring murid. Mulai dari menjajikan iming-iming bonus, hingga layanan antarjemput siswa. Namun tetap saja tidak banyak yang tertarik untuk mendaftar.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: