Sebanyak 8.800 Rumah Tangga di Jogja akan Jadi Sampel Sensus Penduduk

Antara ยท Selasa, 26 April 2022 - 23:29:00 WIB
Sebanyak 8.800 Rumah Tangga di Jogja akan Jadi Sampel Sensus Penduduk
Kepala BPS Kota Yogyakarta Mainil Asni (kiri) saat memberikan penjelasan mengenai pelaksanaan SP2020 Lanjutan di Yogyakarta, Selasa (26/4/2022). (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sebanyak 8.800 rumah tangga di Kota Yogyakarta terpilih menjadi sampel dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan. Sensus ini akan dilakukan selama dua bulan pada  Mei dan Juni 2022.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Yogyakarta Mainil Asni mengatakan pada pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Lanjutan ini, BPS hanya akan melakukan sensus di rumah tangga yang terpilih sebagai sampel. 

:Jadi, sensus tidak akan menyasar seluruh rumah tangga di Kota Yogyakarta,” katanya  di Yogyakarta, Selasa (26/4/2022).

Menurut dia, seluruh sampel tersebar merata di 14 kecamatan dan 45 kelurahan di Kota Yogyakarta.

Pemilihan sampel dalam pelaksanaan SP2020 Lanjutan dilakukan dengan berbagai indikator yang diharapkan dapat memenuhi tujuan pelaksanaan sensus, salah satunya menyajikan potret demografi usai melewati gelombang dua pandemi Covid-19.

Rumah tangga yang nantinya terpilih menjadi sampel dimungkinkan tidak hanya berisikan penduduk Kota Yogyakarta tetapi penduduk yang berdomisili di Kota Yogyakarta.

BPS Kota Yogyakarta akan menerjunkan 160 petugas untuk melakukan sensus secara langsung ke rumah tangga sasaran.

Sensus akan dimulai dengan pemutakhiran data penduduk berdasarkan hasil sensus penduduk sebelumnya. “Pemutakhiran ditujukan untuk memastikan bahwa penduduk yang bersangkutan masih ada di wilayah tersebut,” katanya.

Hasil pemutakhiran tersebut juga akan menjadi dasar dalam penentuan rumah tangga yang akan menjadi sampel.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: