Sebentar Lagi Masuki Musim Penghujan, Petani Diminta Segera Panen Ketelanya

erfan erlin ยท Sabtu, 13 Agustus 2022 - 16:25:00 WIB
Sebentar Lagi Masuki Musim Penghujan, Petani Diminta Segera Panen Ketelanya
Petani di Gunungkidul diminta segera memanen ketelanya lantaran sebentar lagi memasuki musim penghujan. (Foto Ilustrasi : Antara)

GUNUNGKIDUL, iNews.id- Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul mengimbau kepada seluruh petani di wilayah Gunungkidul untuk segera mempersiapkan lahannya. Sebab, sebentar lagi wilayahnya memasuki musim penghujan.

Kepala DPP Gunungkidul, Rismiyadi menuturkan, musim kemarau saat ini tidak banyak berdampak pada lahan pertanian di wilayah Gunungkidul, karena berlangsung tidak terlalu lama. Bahkan sebentar lagi sudah memasuki musim penghujan.

"Justru sebentar lagi musim penghujan sehingga tidak banyak sawah yang mengalami kekeringan,"ujar Rismiyadi, Sabtu (13/8/2022).

Rismiyadi menyebut di pertengahan bulan Agustus ini sudah mulai mendung dan turun hujan meskipun intensitasnya rendah. Sesuai prediksi dari Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) nanti akhir September sudah memasuki musim penghujan. 

Sehingga saat ini pihaknya sudah mengeluarkan himbauan kepada para petani untuk segera menyiapkan lahan mereka. Bagi yang belum memanen ketelanya diharapkan segera memanennya dan segera mengolah lahannya.

"Kami sudah menghimbau petani mengolah lahannya kemudian diberi pupuk organik," ujarnya.

Sehingga nanti lahan tersebut sudah siap ketika hujan benar-benar turun di akhir September dan awal bulan Oktober. Harapannya memang lahan-lahan tersebut segera siap sehingga petani bisa langsung menanam padi.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: