Sejumlah Rumah Sakit di DIY Mulai Gunakan GeNose

Antara ยท Kamis, 11 Februari 2021 - 07:57:00 WIB
 Sejumlah Rumah Sakit di DIY Mulai Gunakan GeNose
GeNose alat deteksi Covid-19 lewat embusan napas. (Foto : iNews.id/priyo setyawan)

YOGYAKARTA, iNews.id-Sejumlah rumah sakit di DIY saat ini sudah mulai menggunakan GeNose untuk mendeteksi Covid-19. Tim Pengembang Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebutkan masyarakat yang ingin tes Covid-19 dengan GeNose UGM bisa mengunjungi rumah sakit tersebut.

"GeNose bisa ditemui di RS Bhayangkara Yogyakarta dan RSUP dr Sardjito untuk yang sudah operasional. Untuk yang akan operasional bisa dinantikan di RSA UGM, RS DKT Dr Soetarto, RSPAU dr. S.Hardjolukito, dan RS Lapangan Khusus Covid Bambanglipuro Bantul," kata perwakilan Tim Pengembang GeNose UGM dr Dian Kesumapramudya Nurputra melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu (10/2/2021).

Dian mengatakan tarif yang dikenakan kepada tiap orang yang tes dengan GeNose tergantung dari masing-masing lokasi yang menentukannya.

Dia menyebut pihaknya tidak menetapkan tarif khusus ketika berkerja sama dengan instansi untuk pemasangan GeNose.

"Dari KAI kemarin untuk sekali tes biayanya Rp20.000. Sementara yang lain kurang tahu, tetapi kisarannya paling Rp20.000 hingga Rp50.000 saja," kata dia.

Dian menerangkan untuk rencana kedepan pihaknya berupaya agar GeNose bisa digunakan di seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia, utamanya yang bergerak di alur penanganan Covid-19.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2