Sekeluarga Jadi Korban Laka Laut di Bantul, Polisi Ingatkan Peran Pelaku Wisata

Kuntadi ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 16:13 WIB
Sekeluarga Jadi Korban Laka Laut di Bantul, Polisi Ingatkan Peran Pelaku Wisata
Tim SAR bersama dengan TNI/Polri melakukan pencarian wisatawan di Pantai Gua Cemara, Bantul yang tenggelam. (Foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Sebanyak tujuh korban tenggelam di Pantai Gua Cemara, Bantul merupakan satu keluarga. Polres Bantul pun meminta pengelola wisata lebih giat mengingatkan pengunjung dalam masalah keamanan.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono mengatakan, wisatawan yang datang ke Bantul memiliki latar belakang berbeda-beda. Sehingga pengelola harus tetap mengingatkan bahaya ombak di pantai laut selatan tersebut.

“Kepada para pelaku wisata agar tidak bosan-bosan mengedukasi wisatawan, karena setiap wisatawan mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Maka dari itu, adalah menjadi tanggung jawab para pelaku wisata untuk menjamin keamanan para wisatawan,” kata Wahyu, dikutip dari website resmi Polres Bantul, Jumat (7/8/2020).

Dia menambahkan, dalam mengedukasi wisatawan bisa melalui audio atau visual dengan membuat tulisan atau gambar. Wahyu juga meminta pengelola membentuk tim pengamanan tempat wisata. Selain itu akan lebih baik dibuat sebuah SOP di kawasan wisata.

“Kita sudah berani membuka tempat wisata, jadi kita semua harus berkomitmen dan konsekuen dengan selalu peduli dengan keselamatan baik pihak pelaku wisata maupun wisatawan itu sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Srandakan Kompol B Muryanto mengatakan, kepada seluruh pelaku sektor wisata pantai yang ada di Srandakan agar lebih peduli dan tidak bosan-bosan memberikan imbauan kepada wisatawan. Kasus terbaru kecelakaan laut di Pantai Gua Cemara jadi pelajar.

“Agar kejadian laka laut yang memakan korban satu keluarga yang terjadi Pantai Gua Cemara Sanden membuat hati kita miris. Untuk itu kita bersama-sama berusaha meminimalisasi risiko terjadinya laka laut,” ujar Muryanto.


Editor : Nani Suherni