Sektor Pariwisata Menggeliat, Ekonomi DIY Triwulan Kedua Tumbuh 5,2 Persen

erfan erlin ยท Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:48:00 WIB
Sektor Pariwisata Menggeliat, Ekonomi DIY Triwulan Kedua Tumbuh 5,2 Persen
Ekonomi DIY pada triwulan kedua tumbuh signifikan (Foto: Ilustrasi/Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id -  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi DIY pada triwulan kedua 2022 sebesar 5,2 persen. Hal ini banyak ditopang dari sektor pariwisata seiring banyak mobilitas seiring penurunan level Pemberlakuan Pembatasa Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Sugeng Ariyanto mengatakan, pertumbuhan ekonomi DIY terus menunjukkan pertumbuhan dengan seiring kasus Covid-19 yang melandai. Pada triwulan pertama pertumbuhan 2,91 persen dan naik di triwulan kedua sebesar 5,2 persen (yoy). 

“Pertumbuhan ekonomi DIY pada triwulan kedua ini lebih pesat dibanding triwulan pertama,” kata Sugeng, Minggu (7/8/2022).

Sektor pariwisata ikut memberikan andil terbesar. Kelonggaran mudik lebaran mampu meningkatkan nilai konsumsi rumah tangga khususnya komponen transportasi, rekreasi dan hotel (penginapan) maupun makanan dan pakaian. 
 
"Ramadan dan lebaran kemarin lebih baik dibanding dengan tahun sebelumnya," ujar dia.

Menghadapi bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri konsumsi rumah tangga meningkat mencapai 2,10 persen (yoy).  Hal ini  dipengaruhi naiknya konsumsi makanan 1,37 persen, pakaian naik  3,36 persen dan transportasi naik 5,33 persen. 

"Nah yang menggembirakan itu rekreasi naik 8,60 persen, serta penginapan dan hotel naik mencapai 8,39 persen," ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: