Semua Rumah Sakit di Bantul Diminta Dapat Layani Pasien Positif Covid

Antara ยท Rabu, 20 Januari 2021 - 22:17:00 WIB
Semua Rumah Sakit di Bantul Diminta Dapat Layani Pasien Positif Covid
Seorang warga tengah menjalani rapid test di RS Permata Husada, Pleret, Bantul. Pemkab Bantul meminta semua RS di Bantul bisa memberi layanan pasien Covid-19. (Foto : inews.id/Ainun Najib)

BANTUL, iNews.id- Semua rumah sakit yang ada di Kabupaten Bantul diminta bisa memberikan pelayanan terhadap pasien konfirmasi positif Covid-19. Permintaan ini disampaikan melalui surat yang dikirim Pemkab Bantul kepada semua direktur rumah sakit se- Bantul.

"Dengan adanya lonjakan kasus Covid-19 yang menjadikan tingginya beban rumah sakit, maka semua rumah sakit dapat memberikan pelayanan bagi pasien Covid-19 tanpa kecuali, dan jika harus melakukan rujukan, agar memastikan pasien dalam kondisi stabil dan layak rujuk," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Helmi Jamharis di Bantul, Rabu (20/1/2021).

Imbauan tersebut menindaklanjuti Surat dari Kementerian Kesehatan perihal Peningkatan Pelayanan Pasien Covid-19, dan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk pengendalian penyebaran virus corona.

Dalam imbauan itu juga meminta rumah sakit agar melakukan bed konversi untuk menyiapkan kapasitas bed isolasi dan atau ICU untuk pasien sesuai standar sekitar 30 persen dari total tempat tidur.

"Bagi rumah sakit yang sudah mempunyai ruangan isolasi diharapkan menambah jumlah tempat tidur, sedangkan bagi rumah sakit yang tidak mempunyai ruangan isolasi diharap menyediakan sarana ruang isolasi sesuai ketentuan berlaku dengan memperhatikan prinsip pencegahan dan pengendalian infeksi," katanya.

Sekda Bantul juga mengimbau semua rumah sakit mempunyai kompetensi pengambilan sampel swab PCR untuk menunjang diagnosa Covid-19.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2