Sleman Gelar Festival UMKM Sembada untuk Tingkatkan Pemasaran

Antara ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 18:33:00 WIB
Sleman Gelar Festival UMKM Sembada untuk Tingkatkan Pemasaran
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat membuka Festival UMKM Sembada 2021. (Foto: HO-Pemkab Sleman)

SLEMAN, iNews.id - Dinas Koperasi dan Udaha Kecil Menengah ( Dinkop UKM) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Festival Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan promosi dan transaksi bagi UMKM binaan Dinkop UKM.

Sekretaris Dinkop UKM Endah Sri Widiastuti  mengatakan selain untuk meningkatkan promosi kegiatan ini juga untuk meningkatkan kepatuhan UMKM kuliner khususnya dalam kepemilikan nomor induk berusaha (NIB) dan mencatatkan diri dalam data base satu data UMKM Kabupaten Sleman.

Kegiatan promosi ini dibiayai secara bersama-sama antara Pemkab Sleman dengan pihak swasta. Beban yang teralokasikan pada Pemkab Sleman digunakan untuk promosi banner dan subsidi ongkir maksimal sebesar Rp10.000 per transaksi untuk pembelian minimal Rp15.000.

"Subsidi ongkir juga berlaku untuk pengiriman produk Slemanmart sebesar maksimal Rp25.000 dengan belanja minimal Rp100.000," katanya.

Endah mengatakan, Festival UMKM Sembada dengan skema bantuan ongkir ini dilaksanakan selama 15 hari terhitung sejak 26 November hingga 13 Desember 2021.

"UMKM yang mengikuti program ini sebanyak 306 UMKM yang telah memiliki NIB dan masuk pada satu data UMKM Kabupaten Sleman," katanya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa yang hadir membuka festival tersebut berharap Festival UMKM Sembada dapat meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM mencakup penguatan manajemen usaha, kualitas produk, akses pasar yang dilakukan secara end-to-end dalam satu ekosistem terintegrasi yang berbasis teknologi.

"Mengingat pada era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menjadi kunci perkembangan UMKM dan turut membangun ekonomi daerah," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: