Sleman Terus Laksanakan Vaksinasi Booster ke Desa-Desa

Antara · Jumat, 26 Agustus 2022 - 18:09:00 WIB
 Sleman Terus Laksanakan Vaksinasi Booster ke Desa-Desa
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa meninjau pelaksanaan vaksinasi penguat di Umbulmartani, Ngemplak, Jumat (26/8/22). (Foto : HO-Bagian Prokopim Setda Sleman)

SLEMAN, iNews.id- Pemkab Sleman terus melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis penguat atau beoster ke desa-desa.  Ini untuk mempercepat pencapaian target cakupan vaksinasi dosis ketiga.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama mengatakan saat ini capaian vaksinasi booster (penguat) Kabupaten Sleman berada di angka 40 persen. 

"Sedangkan target yang diberikan oleh Gubernur DIY yaitu 50 persen," kata Cahya Purnama di sela pelaksanaan vaksinasi penguat di Kelurahan Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Jumat (26/8/2022).

Selain di Kelurahan Umbulmartani, pelayanan vaksinasi massal juga dilaksanakan di Kelurahan Sinduharjo, Kapanewon (Kecamatan) Ngaglik.

"Karena capaian vaksinasi booster di Sleman tergolong masih rendah, maka Pemkab Sleman melakukan upaya jemput bola dengan mengadakan vaksinasi booster secara terjadwal di seluruh kelurahan," kata Cahya.

Menurut dia, pelayanan vaksinasi Covid-19 di kelurahan-kelurahan dilaksanakan mulai 22 Agustus hingga 6 September 2022.

Dia mengemukakan bahwa vaksinasi penguat dibutuhkan untuk meningkatkan ketahanan tubuh warga terhadap serangan virus corona penyebab Covid-19 beserta varian-variannya.

"Meski efek varian kali ini tidak seberat sebelumnya namun laju penyebarannya sangat cepat, oleh karena itu dibutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dalam berkoordinasi agar masyarakat dapat memperoleh vaksin booster sebagai langkah preventif," katanya.

Cahya mengatakan bahwa hingga 21 Agustus 2022 vaksinasi penguat sudah dilakukan pada 367.619 orang atau 41,85 persen dari total 974.327 warga yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sleman.

Sementara itu, vaksinasi dosis kedua tercatat sudah dilakukan pada 915.512 orang atau 94 persen dari sasaran dan vaksinasi dosis pertama telah dilakukan pada 989.469 orang atau 101 persen dari target.

Pemerintah Kabupaten Sleman juga sudah melaksanakan vaksinasi dosis keempat atau dosis penguat kedua pada kelompok sasaran sumber daya manusia bidang kesehatan. Vaksinasi dosis penguat kedua tercatat sudah dilakukan pada 9.696 orang.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: