Sri Sultan Waswas Sikap Anak Muda yang Anggap Dirinya Kebal dari Corona

Nani Suherni ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 11:01 WIB
Sri Sultan Waswas Sikap Anak Muda yang Anggap Dirinya Kebal dari Corona
Sri Sultan Hamengku Buwono X (Foto: Dok Humas Pemda DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mewaspadai sikap anak muda yang menganggap dirinya kebal dari Covid-19. Hal ini bisa memicu masalah baru jika mereka tidak mengikuti protokol kesehatan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, orang lanjut usai memang lebih rentan terkena Covid-19. Namun, fenomena ini bisa memicu para anak muda berasumsi lain.

"Saya khawatir hal-hal seperti itu memberikan keyakinan pada anak-anak muda, yang merasa dalam keadaan sehat, bahwa dirinya nggak mungkin sakit. Ini memang ada kesengajaan ya, bagi saya kurang bagus," kata Sri Sultan dilansir dari website resmi Pemda DIY, Selasa (19/5/2020).

Sultan juga menuturkan kebijakan Pemda DIY yang sejak awal diberlakukan, memiliki tujuan. Salah satunya menutup desa dengan karantina wilayah. Namun, kebijakan tersebut tidak lantas membuat masyarakat menjadi korban.

“Kami tidak ingin masyarakat jadi korban kebijakan. Tapi masyarakat menjadi subjek dalam proses untuk menghetikan Covid-19. Jangan sampai kebijakan membelenggu seseorang,” ucapnya.

Sementara itu, kasus Covid-19 di DIY hingga kini terdapat 200 pasien positif. Rinciannya, 102 masih dalam perawatan, 90 sembuh dan 8 meninggal.


Editor : Nani Suherni