Suara Guguran Terdengar Lagi dari Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

Antara ยท Sabtu, 21 November 2020 - 06:42:00 WIB
Suara Guguran Terdengar Lagi dari Gunung Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG
Maket Gunung Merapi terlihat dari atas. (Foto : Dok iNews.id/Ainun Najib)

YOGYAKARTA, iNews.id - Aktivitas Gunung Merapi terus meningkat. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan suara guguran terdengar tujuh kali dari gunung api di perbatasan DIY Jateng ini.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyebut guguran ini berasal dari sisa erupsi lama. "Suara guguran yang terdengar itu merupakan guguran material lama atau lava sisa erupsi terdahulu," kata Hanik Humaida saat dikonfirmasi di Yogyakarta, Jumat (20/11/2020).

Menurut dia, berdasarkan laporan pada periode pengamatan pada Kamis (19/11) mulai pukul 00.00-24.00 WIB tujuh kali suara guguran di gunung api aktif itu terdengar dengan intensitas lemah hingga keras dari Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Babadan.

Pada periode itu, BPPTKG juga mencatat 52 kali gempa guguran, 312 kali gempa fase banyak, 29 gempa vulkanik dangkal, serta 44 kali gempa hembusan.

Berdasarkan pengamatan visual, tampak asap berwarna putih keluar dari Gunung Merapi dengan intensitas sedang dengan ketinggian 75 meter di atas puncak.

Laju deformasi Gunung Merapi diukur menggunakan electronic distance measurement (EDM) Babadan rata-rata 12 cm per hari.

Editor : Ainun Najib