Sukses Bangun Bandara YIA, PT PP : Ini Jadi Kekuatan Baru bagi Kami

Kuntadi ยท Jumat, 28 Agustus 2020 - 15:49:00 WIB
Sukses Bangun Bandara YIA, PT PP : Ini Jadi Kekuatan Baru bagi Kami
PT Pembangunan perumahan (PP-KSO) berhasil membangunan bandara YIA tercepats elama 20 bulan. (Foto; iNews.id/kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (Bandara YIA) ditangani oleh PT Pembangunan Perumahan (PP KSO). Ini menjadi pembangunan bandara tercepat yang mengantongi rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

“Kemarin kita mendapatkan rekor MURI karena kecepatan pembangunan bandara,” kata Direktur Utama PT PP, Novel Arsyad, usai mendampingi Presiden Jokowi, meresmikan bandara, Jumat (28/8/2020).

Pembangunan bandara YIA, dilaksanakan dalam waktu 20 bulan. Kualitas dan kecepatan pembangunannya sangat bagus. Seluruh bangunan juga memperhitungkan aspek dan potensi gempa bumi dan tsunami. Semuanya dilakukan secara detail, dengan mengakomodasi keselamatan orang di dalam bandara.

PT PP kata dia, melaksanakan semua proses pembangunan. Mulai dari air side, land side hingga menyiapkan menara control dan mecanical enginering-nya. Keberhasilan ini menjadi kekuatan baru bagi PP untuk melaksanakan pembangunan baru lainnya.

“Keberhasilan ini, menjadi kekuatan bagi PP untuk melaksanakan pembangunan bandara baru,” katanya.

Pembangunan fisik bandra, menghabiskan anggaran senilai Rp7,1 triliun, diluar pengadaan lahan. Proses pembangunan melibatkan para ahli dibidang konstruksi. Termasuk pakar gempa dari Jepang ikut dihadirkan untuk memberikan masukan.

“Sejak awal sampai akhir kita libatkan para pakar dan ahli. Termasuk pakar gempa dari Jepang,” katanya.

Sejumlah peralatan yang bersifat teknis dan kritis juga ditempatkan di ketinggian. Ini merupakan upaya untuk keselamatan jika terjadi bencana tsunami. Begitu juga kondisi tanah juga memperhatikan desain tanah untuk mencegah likuifaksi.

Editor : Kuntadi Kuntadi