Sukses Kembangkan Pupuk Organik, Aiptu Feri Nohrito Ingin Wujudkan Sentra Nanas

Kuntadi ยท Rabu, 18 November 2020 - 22:31:00 WIB
Sukses Kembangkan Pupuk Organik, Aiptu Feri Nohrito Ingin Wujudkan Sentra Nanas
Polisi di Kulonprogo sukses dampingi petani kembangkan buah nanas medusa. (Foto:iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Seorang polisi di Kabupaten Kulonprogo Aiptu Feri Nohbrito berkiprah membantu petani dalam peningkatan produksi pertanian khususnya dalam pengembangan buah nanas medusa. Tak hanya itu, dia juga mengajari petani bagaimana membuat pupuk organik dan fermentasi pakan ternak.

Sejak beberapa tahun lalu, Feri telah membuat pupuk organik memanfaatkan sampah dan limbah keluarga. Sampah ini diolah sedemikian rupa menjadi pupuk yang ramah lingkungan. Pupuk ini juga memiliki nutrisi tinggi untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

Saat menjalankan tugas sebagai Babinkamtibmas Desa Nomporejo Kecamatan Galur, Feri menemukan tanaman nanas di kebun milik warga. Tanaman nanas hutan yang dikenal dengan nanas medusa kurang terawat. Padahal bibit tanaman ini merupakan hasil riset kultur jaringan lembaga penelitian pertanian.

“Setelah kita dampingi dan pakai pupuk organik, hasilnya buahnya besar,” kata Feri, Rabu (18/11/2020).

Satu buah nanas medusa bisa memiliki hingga 12 anakan buah yang dapat dipanen sekaligus. Penggunaan pupuk ini mampu mendorong pertumbuhan anakannya. Hasilnya satu buah nanas bisa dipanen dengan bobot mencapai 5-15 kilogram.

Sukses mendampingi warga mengolah tanaman nanas, tidak membuat Feri puas. Dia ingin menjadikan Nomporejo sebagai sentral buah nanas. Pemerintah desa juga menyediakan lahan tanah kas desa untuk dijadikan wisata edukasi nanas.

“Saya ingin nanas ini bisa diolah menjadi makanan siap saji yang dikemas agar ekonomi warga meningkat,” katanya.

Di luar Nomporejo, Feri juga banyak mendampingi kelompok wanita tani (KWT) di beberapa kecamatan. Itu dilakukan sejak 2016 silam sampai dengan saat ini.

Kasubdit Babinkamtibmas Polda DIY, AKBP Sinungwati mengapresiasi apa yang dilakukan Feri. Polda DIY akan mendukung Babinkamtibmas yang mampu mengembangkan wilayah sesuai potensi yang dimilikinya.

“Feri ini mampu berinovasi mendukung masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kalau ini berhasil ekonomi masyarakat juga naik,” katanya.

Lurah Nomporejo, Suyono mengatakan nanas medus ini awalnya hanya buah pokoknya saja yang besar. Namun Feri mampu mengembangkan nanas menjadi berkembang sempurna sampai di anakan buahnya juga besar.

“Desa siap mendukung pengembangan tanaman nanas, syukur bisa menjadi icon Nomporejo,” katanya.

Buah nanas medusa, memiliki keunggulan pada produksi buah dan rasanya yang manis. Tanaman ini perawatannya mudah dan bisa hidup di berbagai lahan. Satu buah bisa memiliki anakan antara delapan sampai 12.

“Rasanya itu lebih manis dan renyah. Kemarin kami manfaatkan untuk salad dan selai,” kata Sumartinah, salah seorang warga.

Editor : Kuntadi Kuntadi