Sultan HB X Belum Izinkan Bioskop Beroperasi di DIY karena Berpotensi Munculkan Kerumunan

Kuntadi ยท Rabu, 15 September 2021 - 16:45:00 WIB
Sultan HB X Belum Izinkan Bioskop Beroperasi di DIY karena Berpotensi Munculkan Kerumunan
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY belum mengizinkan bioskop untuk beroperasi karena rentan menimbulkan kerumunan. Gubernur memilih untuk berhati-hati dalam membuka objek wisata dan tempat hiburan agar kasus Covid-19 tidak bertambah. 

“Ya nanti.  Bioskop itu tempat berkumpul, itu perlu dibatasi, jangan membuka ruang-ruang yang mungkin orang berkerumun,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (15/9/2021).  

Pemerintah pusat sebenarnya sudah memberikan lampu hijau kepada daerah yang masuk PPKM Level 3 untuk membuka tempat wisata dan tempat hiburan seperti bioskop. Termasuk di DIY yang sudah masuk pada PPKM Level 3. Asalkan semuanya dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan.  

Sultan mempersilakan bagi objek wisata dan fasilitas hiburan untuk buka. Yang penting pihak-pihak pengella berani bertanggujawab saat operasi. 

“Saya bilang boleh buka, tapi sing tanggung jawab sopo? Tapi ora ono sing tanggung jawab yo wes ora usah (Tapi tidak ada yang bertanggung jawan, ya sudah akhirnya tidak perlu buka)," katanya.

Setelah memasuki PPKM Level 3, Pemda DIY telah memberikan ebebrapa pelonggaran dalam mobilitas masyarakat. Namun pemda DIY memilih untuk berhati-hati dan melakukan pembukaan secara bertahap. Jangan sampai kejadian di laur daerah juga terjadi DIY. Begitu kasus turun, objek wisata dibuka, kasus kembali meningkat hingga 150 persen.  

“PPKM sudah maksimal, kalua gagal mau pakai apa lagi,” katanya.  

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: