Sultan Janji Tanggung Biaya Hidup Mahasiswa Cianjur di Jogja

Antara ยท Jumat, 02 Desember 2022 - 18:15:00 WIB
 Sultan Janji Tanggung Biaya Hidup Mahasiswa Cianjur di Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan HB X berjanji menjamin biaya hidup mahasiswa asal Cianjur yang tengah menempuh pendidikan di Jogja. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id- Sungguh keren apa yang dilakukan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ini. Raja Keraton Yogya ini berjanji menjamin biaya hidup mahasiswa asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang tengah menempuh pendidikan di Kota Pelajar. 

Sultan tak hanya berjanji semata, pihaknya bahkan telah mulai mendata para mahasiswa ini. Dia menyebutkan telah memiliki daftar by name by address sebanyak 107 mahasiswa asal Cianjur yang orang tuanya terdampak gempa sehingga tidak mampu mengirim biaya untuk anaknya di Yogyakarta.

Sultan HB X menyampaian ini di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Yogyakarta, Jumat (2/12/2022). "Saya minta cepat ditangani, kalau enggak mereka mau makan apa," kata Sultan.

Tak hanya menanggung biaya hidup, Sultan selaku Gubernur DIY juga meminta pihak kampus di DIY ikut memberikan bantuan terkait biaya kuliah mereka. "Biaya hidup biasanya kami yang berpartisipasi seperti kepada korban bencana di lain tempat. Jangan sampai 107 mahasiswa itu drop out," ujar Sultan. 

Jumlah 107 mahasiswa asal Cianjur itu menurut Sultan masih bisa bertambah lantaran hingga saat ini masih terus dilakukan pendataan.

"Bagi yang mungkin merasa warga Cianjur yang kuliah di kampus-kampus di Yogyakarta dan orang tuanya memang kena musibah bencana bisa mendaftar," ucapnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: