Tak Bisa Berenang, Mahasiswa UGM Tenggelam di Sungai Oya Bantul

Kuntadi ยท Minggu, 20 September 2020 - 17:45 WIB
Tak Bisa Berenang, Mahasiswa UGM Tenggelam di Sungai Oya Bantul
Warga mencari jasad mahasiswa UGM yang tenggelam di Sungai Oya, Bantul. (Foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id – Seorang mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Ainurrizqi (22) tewas tenggelam di objek wisata Sungai Oya yang ada di Kecamatan Imogiri, Bantul, Minggu (20/9/020). Sebelumnya korban mandi bersama dengan teman-temannya.

Diperoleh informasi korban yang merupakan warga Luwang, Kabupaten Pati, Jawa Tengah datang ke Sungai Oya bersama dengan belasan teman kuliahnya untuk melakukan pengamatan dan penelitian satwa endemik di sekitar sungai tersebut. Setelah itu mereka mandi dan bermain air dengan terjun ke sungai.

Korban terjun ke sungai yang memiliki palung yang cukup dalam. Sementara korban tidak bisa berenang. Rekan-rekan korban sudah berupaya melakukan pertolongan, namun korban dinyatakan meninggal saat tiba di RSUD Bantul.

“Korban itu bersama teman-temannya melonjak ke sungai. Begitu meloncat tidak muncul dan dilakukan pencarian,” kata anggota Tim SAR, Sriyanto, Minggu (20/9/2020).

Kapolsek Imogiri Kompol Iriyanto mengatakan, teman-teman korban sempat panik begitu melihat korban terjun dan tenggelam. Mereka sebelumnya mengamati satwa endemik di sekitar lokasi. Lantaran tidak kunjung muncul ke permukaan, teman korban dibantu warga melakukan pencarian di dasar sungai.

“Tidak ada tanda-tanda penganiayaan di tubuhnya. Kita sudah menghubungi keluarganya untk proses pemakaman,” katanya.

Lurah Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri, Titik Istiwayatun Khasanah mengatakan lokasi tenggelamnya korban berada di perbatasan dengan Desa Selopamioro. Tepatnya masuk di wilayah Padukuhan Kedungjati di Desa Selopamioro.

“Sebenarnya kita sedang melakukan inisiasi SAR air pada bulan ini, namun malah ada kejadian,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi