Tak Kenakan Masker, Pemudik lewat Gunungkidul Diminta Putar Balik

Kismaya Wibowo ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 10:29 WIB
Tak Kenakan Masker, Pemudik lewat Gunungkidul Diminta Putar Balik
Kendaraan diminta putar balik di Pos Pantau Hargodumilah, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, DIY, Jumat (22/5/2020).(Foto: iNews/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Jelang Lebaran, petugas dari Polres Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperketat penyekatan di pintu masuk dan keluar Gunungkidul. Jika ditemukan pemudik atau pengendara yang tidak mengenakan masker maka diwajibkan putar balik.

Dari pantauan iNews, petugas berjaga di Pos Pantau Hargodumilah, Kecamatan Patuk, yang merupakan pintu utama masuk dan keluar Gunungkidul. Satu persatu kendaraan baik roda dua dan roda empat yang berpelat luar daerah diperiksa oleh petugas gabungan.

Petugas meminta pengendara menunjukkan identitas dan menanyakan tujuannya. Setidaknya sudah lebih dari 15 kendaraan setiap harinya diminta putar balik karena tidak menggunakan masker.

Kepala Pos Pantau Hargodumilah, Ipda Paryadi mengatakan, jelang hari raya fokus petugas tidak hanya melakukan penyekatan terhadap pemudik. Mereka juga mengecek penggunaan masker bagi para pengendara.

"Kami cek identitas dan suhu tubuh. Diizinkan masuk Gunungkidul atau tidak kami koordinasikan dengan gugus tugas, ucap Paryadi, Jumat (22/5/2020).

Kegiatan penyekatan akan dilakukan hingga akhir Mei 2020 mendatang. Petugas meminta warga agar tertib dan menaati segala kebijakan dari petugas, jika tidak ingin kendaraannya diputar balik.


Editor : Nani Suherni