Tak Punya Handphone, Siswa SMA Ini Tetap Semangat Ikuti PTS di Sekolah Sendirian

Kismaya Wibowo ยท Rabu, 23 September 2020 - 09:46 WIB
Tak Punya Handphone, Siswa SMA Ini Tetap Semangat Ikuti PTS di Sekolah Sendirian
Pelajar kelas X SMAN 1 Rongkop, Gunungkidul, Muhamad Agung Wahyudi mengkuti PTS sendirian di sekolah (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Viral di media sosial seorang siswa di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terpaksa mengikuti penilaian tengah semester (PTS) seorang diri di ruang kelas. Diketahui siswa bernama Muhamad Agung Wahyudi itu tak memiliki handphone untuk PTS online.

Pelajar kelas X SMAN 1 Rongkop, Gunungkidul itu rupanya hanya tinggal bersama kakek dan nenek usai sang ayah meninggal dunia, sedangkan sang ibu menikah lagi. Dia pun tak pernah putus asa untuk menuntut ilmu di tengah keterbatasan.

Meski hanya seorang diri, Muhammad mengaku tetap semangat mengerjakan soal-soal yang sudah diberikan guru. Dia ingin membahagiakan kakek nenek sehingga harus belajar dengan tekun dengan harapan cita-citanya sebagai dokter bisa terwujud.

"Kalau belajar kadang ikut teman-teman. Kalau di sekolah ya sendirian," ujar Muhammad.

"Saya cita-citanya pengen jadi dokter," katanya.

Sementara itu, pihak sekolah mengaku dari 200 lebih murid, hanya Muhamad Agung saja yang tidak memiliki handphone. Untuk memenuhi kebutuhan belajar, satu minggu sekali guru kelas ke rumahnya memberikan materi agar sang siswa tidak ketinggalan pelajaran.

"Seminggu sekali guru yang mengampu materi datang ke rumah Muhamad. Selama penilaian tengah semester, anak tersebut diminta ke sekolah untuk mengerjakan soal secara online," kata Kepala SMAN 1 Rongkop, Sariyah.

Sekolah memfasilitasi laptop lengkap dengan jaringan internet yang bisa digunakan siswa untuk mengerjakan ujian PTS yang akan dilaksanakan selama 10 hari. Sariyah berharap, Muhamad bisa terus semangat dalam belajar meski di tengah berbagai kekurangan.


Editor : Nani Suherni