Tekan Kasus Lakalantas, Polres Gunungkidul Maksimalkan Operasi Zebra 2022

erfan erlin ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 21:40:00 WIB
Tekan Kasus Lakalantas, Polres Gunungkidul Maksimalkan Operasi Zebra 2022
Polres Gunungkidul menggelar operasi Zebra 2022 dengan sasaran untuk menekan kasus kecelakaan. (foto: istimewa)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Gunungkidul terus meningkat baik dari keseluruhan kasus maupun jumlah korban jiwa. Operasi Zebra yang dilaksanakan mulai hari ini sampai 16 Oktober diharapkan bisa menekan kasus kecelakaan lalu lintas. 

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Purwanta mengatakan, angka kecelakaan di Gunungkidul memang mengalami kenaikan. Sejumlah ruas jalan menjadi titik yang cukup rawan terjadi kecelakaan. Kapanewon Wonosari menjadi titik yang paling banyak laka lantasnya.

"Selama sebulan saya menjabat Kasat Lantas ini, sudah ada empat korban jiwa," ujarnya, Senin (3/10/2022).

Pelaksanaan Operasi Zebra kali ini sudah sesuai dengan instruksi Polri dan Polda DIY. Setidaknya ada tujuh jenis pelanggaran lalu lintas kasat mata yang akan mereka tindak. Karena beberapa di antaranya menjadi penyebab kecelakaan.

Ia melanjutkan, ke tujuh pelanggaran itu meliputi, pengendara tidak memakai helm, melawan arus, melanggar marka, melanggar rambu, sepeda motor berboncengan tiga, knalpot blombongan dan anak dibawah umur yang mengendarai sepeda motor.

Operasi ini dirasakan sangat penting, karena kasus kecelakaan lalu lintas cukup tinggi. Penindakan akan dilakukan bagi para pelanggar dengan penerapan surat tilang dan denda dengan mekanisme pembayaran melalui sidang atau membayar langsung lewat BRI.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: