5 Tempat Ibadah Katolik di Yogyakarta, Rekomendasi untuk Ziarah Gua Maria

Demetria Agata Pranestiti · Rabu, 10 November 2021 - 14:08:00 WIB
5 Tempat Ibadah Katolik di Yogyakarta, Rekomendasi untuk Ziarah Gua Maria
Tempat ibadah Katolik di Yogyakarta, salah satunya Gua Maria Tritis. (Foto: Instagram/cbiva)

YOGYAKARTA, iNews.id – 5 tempat ibadah Katolik di Yogyakarta ini cocok untuk kamu yang suka berziarah ke Gua Maria. Yogyakarta memang sudah terkenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, termasuk wisata religi.

Kota yang juga lebih sering disebut Jogja dan dijuluki Kota Pelajar dan Kota Gudeg ini sangat tepat untuk umat Katolik yang ingin berwisata sekaligus beribadah. Lokasinya juga didukung dengan pemadangan yang indah dan udaranya sejuk.

Berikut 5 tempat ibadah Katolik Gua Maria di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi untuk berziarah, rangkuman iNews.id:

1. Gua Maria Tritis

Gua Maria Tritis ini terletak di Gunung Kidul, tepatnya berada di Jalan Sapto Sari, Dusun Bulu, Paliyan, Gn. Dowo, Giring, Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Perjalanan untuk mengunjungi Gua Maria Tritis dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. 

Namun, jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, disarankan pagi hingga sore hari. Tempat ini memang dibuka 24 jam. Sayangnya jika berkunjung malam hari, Anda akan kesulitan mencari jalan. Selain itu, Anda tidak bisa menikmati pemandangannya. 

Untuk sampai ke lokasi Gua Maria ini, jarak yang ditempuh akan cukup menguras tenaga. Dari lokasi parkir, Anda harus berjalan kaki menuruni tangga sejauh sekitar 100 meter melewati jalan setapak yang berbelok dengan pemandangan bukit dan ladang. 

Tenang saja, ketika Anda turun menuju ke Gua Maria, Anda akan ditemani oleh penunjuk jalan. Anda juga bisa memberikan fee atau tip kepada mereka.

Tempat Ibadah Katolik di Yogyakarta, Gua Maria Tritis. (Foto: Demetria Agata Pranestiti )
Tempat Ibadah Katolik di Yogyakarta, Gua Maria Tritis. (Foto: Demetria Agata Pranestiti )

Jika berkunjung ke Gua Maria Tritis dengan keluarga maupun kerabat, Anda akan merasakan ketenangan, sejuk dan doa menjadi lebih khusyuk. Anda bisa membeli lilin di sini karena banyak penjual yang akan menawarkan. 

Terlebih lagi, Gua Maria Tritis ini mempunyai sendang suci dan abadi yang bisa kamu usap ke seluruh badan Anda. Tidak heran jika banyak turis yang mengunjungi Gua Maria Tritis. 

Konon, permohonan Anda akan cepat terkabul dengan memegang kaki Bunda Maria dan membuat tulisan di kertas, lalu membakarnya di tempat yang sudah disediakan. Selain itu, Gua Maria Tritis dijadikan spot untuk berziarah yang terfavorit dan Anda bisa melakukan jalan salib.

2. Gua Maria Sendang Sriningsih

Sendang Sriningsih merupakan tempat ziarah Katolik di daerah Prambanan. Jika ingin mengunjunginya, pengunjung bisa melihat di google maps. Alamatnya persis di Jalan Ali, Gayamharjo, Prambanan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. 

Sendang Sriningsih ini bisa Anda tempuh dari kota kurang lebih 1 jam dengan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Namun jika menggunakan mobil dan menggunakan google maps, biasanya akan diberikan petunjuk jalan yang curam. Sangat disarankan untuk bertanya kepada penduduk setempat jika tidak ingin tersesat seperti di hutan belantara. 

Tempat Ibadah Katolik di Yogyakarta, Gua Maria Sendang Sriningsih (Foto: Demetria Agata Pranestiti)
Tempat Ibadah Katolik di Yogyakarta, Gua Maria Sendang Sriningsih (Foto: Demetria Agata Pranestiti)

Selama perjalanan menuju ke Sendang Sriningsih, pengunjung akan ditemani pemandangan yang indah. Banyak bukit, ladang dan sawah yang membentang di sini. 

Berdoa di Gua Maria Sendang Sriningsih yang udaranya sangat sejuk dan suasananya tenang, cocok untuk yang ingin berdoa dengan khusyuk. Selain itu, pengunjung bisa melakukan perjalanan salib. 

Di sini, Anda bisa membasuh kaki, tangan maupun mencuci muka dengan air sendang yang suci dan abadi yang sudah diberkati. Jangan lupa pula membawa botol kosong untuk membawa pulang air sendang. 

Sebelum dibawa pulang, alangkah baiknya jika botol tersebut ditaruh di dekat Bunda Maria dan doakan agar air tersebut terberkati. Sangat disarankan untuk mengunjungi Gua Maria Sendang Sriningsih di pagi hari hingga sore hari. 

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: