Terbangkan Layang-layang di Sekitar Bandara Bisa Dikenai Sanksi Pidana

Budi Utomo ยท Jumat, 27 November 2020 - 14:53:00 WIB
Terbangkan Layang-layang di Sekitar Bandara Bisa Dikenai Sanksi Pidana
PT Angkasa Pura I Bandara YIA sosialisasikan bahaya bermain layang-layang, drone, dan laser bagi penerbangan. (foto: iNews.id/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id – Menerbangkan layang-layang di kawasan keselamatan operasional penerbangan (KKOP) bisa membahayakan pesawat dan penerbangan. Pelanggaran terhadap aturan ini bisa dikenai sanksi pidana.

“Apapun jenisnya baik itu layang-layang, drone ataupun balon udara harus dihentikan karena membahayakan penerbangan,” kata Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara Internasional Yogyakarta PT Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama, dalam Forum Group Discussion (FGD) di Bandara YIA, Kamis (26/11/2020).

FGD ini merupakan tindak lanjut dari maraknya masyarakat yang menerbangkan layang-layang dan balon udara ataupun drone di sekitar kawasan KKOP. Bahkan belum lama sebuah pesawat menyangkut pada gear pesawat Citilink yang mendarat di Adisutjipto. Beruntung pesawat ini mendarat dengan selamat tanpa ada gangguan.

Untuk mengantisipasi kasus serupa, PT Angkasa Pura I sudah membentuk tim khusus untuk melakukan patroli dan pengawasan. Merekan akan memperingatkan warga yang menerbangkan layang-layang ataupun drone. Untuk tahap awal sifatnya masih imbauan agar menghentikan dan tidak mengulangi.

“Di Wonosobo sudah ada penindakan tegas yang menerbangkan balon udara, kalau di sini kamu masih sebatas imbauan dan teguran,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi