Terdampak Pandemi Covid-19, Etalase Taman Batu Ngingrong Gunungkidul Terbengkalai

Antara ยท Selasa, 12 Juli 2022 - 10:57:00 WIB
Terdampak Pandemi Covid-19, Etalase Taman Batu Ngingrong Gunungkidul Terbengkalai
Ngingrong Geopark menjadi salah satu destinasi favorit di Gunungkiudl. (Foto: HO/Dinpar Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Pandemi Covid-19 menjadikan Etalase Taman Batu Ngingrong di Kabupaten Gunungkidul terbengkalai. Proyek yang didanai Rp5 miliar sejak 2015 inipun mangkrak. 

Etalase Taman Batu Nginggrong berada di dalam kawasan Gunung Sewu yang ditetapkan sebagai geopark oleh UNESCO dan menjadi anggota UNESCO Global Geopark (UGG). Akibat pandemi menjadikan sejumlah fasilitas mengalami kerusakan dan butuh perbaikan. Beberapa lampu dan fasilitas lainnya juga rusak. 

“Kami mengusulkan anggaran pemerliharaan untuk tahun depan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian di Gunungkidul, Selasa (12/7/2022). 

Tahun ini, dalam APBD murni tidak ada alokasi untuk perbaikan di kawasan ini. Etalase Taman Batu tidak masuk dalam salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Gunungkidul.

Sementara itu, General Manajer (GM) Gunung Sewu Budi Martono mengatakan, tidak mudah memperoleh kepercayaan badan dunia dan ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia. Karena itu dalam mempertahankannya diperlukan komitmen bersama.

"Revalidasi status keanggotaan Geoprak Gunung Sewu di UGG dilaksanakan tahun depan," kata Budi Martono.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: