Terjerat Rentenir, Satu Keluarga di Gunungkidul Tinggal di Gubuk Bersama Sapi

Kismaya Wibowo ยท Selasa, 31 Agustus 2021 - 22:26:00 WIB
Terjerat Rentenir, Satu Keluarga di Gunungkidul Tinggal di Gubuk Bersama Sapi
Beginilah kondisi gubug yang dijadikan tempat tinggal keluarga Ngadiono yang gandeng bdengan kandang saoi. (Foto: iNews.id/ Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id –  Pasangan Ngadiono (52) dan Sumini (44) bersama empat orang anaknya terpaksa tinggal di gubuk yang ada di tengah ladang. Rumah milik warga Kedungranti, Kalurahan Kedungpoh, Nglipar, Gunungkidul ini terpaksa dijual karena terjerat rentenir dan untuk menutup utang di bank. 

Gubuk yang ditinggali keluarga ini jauh dari kesan layak. Bangunan ini ukuran 2X3 meter dengan penyangga dari kayu. Sedangkan dindingnya dari terpal yang berbatasan langsung dengan kandang sapi dan kambing.  

Menurut Ngadiono, dulu dia memiliki usaha sablon dan istrinya jualan sayur keliling. Untuk modal usaha mereka berurusan dengan rentenir dan bank. Lantaran usahanya bangkrut mereka terpaksa menjual rumah yang dimiliki. Sepeda motor yang dipakai untuk jualan sayur juga disita oleh bank, untuk melunasi sisa angsuran.

“Setelah semuanya habis kami merantau ke Bangka dan mencoba mengadu nasib disana dengan bekerja di perkebunan sawit,” katanya, Selasa (31/8/2021).

Sekitar tiga tahun disana, keluarga ini tidak betah. Mereka akhirnya memilih kembali ke kampung halamannya. Keluarga ini awalnya tinggal dan menepati lahan garapan milik Perhutani selama empat bulan. Lantaraan tidak boleh memelihara sapi, keluarga ini akhirnya pindah.

“Kalau tanah ini milik orang tua, kalau sapi milik saudara,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: