Tilap Dana BOS, Kepala dan Bendahara SMK Swasta di Sleman Diringkus Polisi

erfan erlin ยท Jumat, 07 Oktober 2022 - 13:45:00 WIB
Tilap Dana BOS, Kepala dan Bendahara SMK Swasta di Sleman Diringkus Polisi
Dua perempuan yang menjabat kepala dan bendahara sekolah diamankan polisi. (Foto : MPI/erfan Erlin)

SLEMAN, iNews.id- Kepala dan bendahara sebuah sekolah swasta di Kabupaten Sleman ini diciduk polisi. Keduanya harus mempertanggungjawabkan perbuatan mereka karena diduga telah menilap uang bantuan operasional sekolah (BOS) di sekolah tempat mereka bekerja.

Waka Polresta Sleman Kompol Andhyka Donny Hendrawan menyebut, jajaran Unit Tindak Pidana Korupsi Satuan Reserse Kriminal Polresta Sleman telah menangkap dua orang guru sebuah sekolah swasta di Sleman. 

Dua orang tersangka adalah RD (43), kepala sekolah tersebut warga Kapanewon Turi dan NT (61) bendahara BOS warga Kapanewon Tempel.

"Keduanya telah bekerjasama melakukan korupsi dana BOS di SMK 'S', bertempat di Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, sejak periode 2016-2019," kata dia, Jumat (7/10/2022) di Mapolresta Sleman.

Terungkapnya kasus dugaan korupsi dana BOS di SMK S tersebut bermula saat Unit IV Tipidkor Sat Reskrim Polresta Sleman menerima aduan dari masyarakat pada 8 Januari 2020 silam. 

Dari laporan tersebut, mereka kemudian menggandeng tim audit investigasi dari BPKP Kanwil Yogyakarta. Mereka mulai menyelidiki laporan itu sejak 8 Januari 2020 hingga 2 September 2021. Pencermatan tersebut dilakukan untuk memastikan adanya penyelewengan.

Gelar perkarapun dilakukan oleh penyidik Unit IV Tipidkor Sat Reskrim Polresta Sleman pada 9 November 2021. Hasilnya, mereka kemudian menaikkan status penyelidikan menjadi penyidikan dan kemudian menetapkan para tersangka.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: