TMMD ke-108 di Bantul, TNI Bangun Jembatan Penghubung 2 Desa

Trisna Purwoko ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 17:36 WIB
TMMD ke-108 di Bantul, TNI Bangun Jembatan Penghubung 2 Desa
TMMD ke-108 di Kabupaten Bantul, DIY menyelesaikan pembangunan jembatanas epanjang 12 meter. (foto: iNews.id/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Bantul berhasil membangun jembatan sepanjang 12 meter dan lebar tiga meter. Jembatan ini menjadi penghubung dua dukuh yang putus setelah diterjang banjir besar.

“Terima kasih kepada TNI dan Polri yang sudah bergotong royong membangun jembatan, membangun desa dalam TMMD di Desa Sumberagung, Kecamatan Jetis ini,” kata Bupati Bantul, Suharsono pada penutupan TMMD reguler ke-108, Rabu (29/7/2020).

Secara simbolis, penutupan TMMD dilaksanakan dengan pembukaan jembatan Pangkah, oleh Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, didampingi Bupati Bantul Suharsono dan sejumlah pejabat. Selain itu juga dilakukan penebaran 5.000 benih ikan dari beberapa jenis.

Keberadaan jembatan cor beton yang melintang diatas sungai Bulus menjadi akses utama warga. Baik ke sekolah, pasar, maupun untuk kegiatan ekonomi lainnya. Jembatan yang menghubungkan dukuh Pangkah dan dukuh Turi ini sebelumnya jebol diterjang banjir besar sehingga akses kedua dukuh terputus.

“Jembatan ini sangat berarti bagi masyarakat kami baik ke sekolah ataupun bekerja,” kata Kepala Desa Sumberagung, Yudhi Fachrudin.

Danrem 072 Pamungkas, Yogyakarta, Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan berharap jembatan ini bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Sukses TMMD ini tidak lepas dari peran aktif masyarakat yang ikut bergotongroyong.
“Mari kita jaga dan rawat jembatan ini agar bisa bermanfaat,” katanya.

Program TMMD ini juga berhasil menyelesaikan pembangunan 5 unit rumah tidak layak huni dan renovasi dua buah masjid. Selain itu juga ada beberapa kegiatan dan edukasi non fisik yang telah dilaksanakan.


Editor : Kuntadi Kuntadi