TNI AU Akuisisi Alutsista Modern, Mulai Jet Tempur F-15 EX hingga Dassault Rafale

Riezky Maulana · Kamis, 18 Februari 2021 - 15:18:00 WIB
 TNI AU Akuisisi Alutsista Modern, Mulai Jet Tempur F-15 EX hingga Dassault Rafale
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam rapim TNI 2021. (Foto iNews.id).

JAKARTA, iNews.id - TNI Angkatan Udara (AU) akan mengakuisisi beberapa alat utama sistem senjata (alutsista) modern. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyebut akuisisi tersebut akan dimulai pada tahun 2021 hingga 2024. 

Sejumlah pesawat modern masuk dalam daftar mulai jet tempur F-15 EX, Dassault Rafale hingga pesawat angkut C-130 J.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menuturkan, hal itu sejalan dengan komitmen Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto untuk terus berupaya melaksanakan diplomasi pertahanan dengan negara sahabat, guna mempercepat proses pembangunan kekuatan TNI.

"Kini telah mulai menampakkan titik terang. Mulai tahun ini hingga tahun 2024, kita akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap," tuturnya dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU 2021, di Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/2/2021). 

Adapun beberapa alutsista yang segera diakuisisi, yaitu pesawat multi-role combat aircraft, F-15 EX dan Dassault Rafale, radar GCI3, pesawat berkemampuan Airborne Early Warning, pesawat tanker, yakni Multi Role Tanker Transport, pesawat angkut C-130 J, dan lain sebagainya. Di samping itu, dalam waktu dekat, TNI AU juga akan melaksanakan modernisasi berbagai pesawat tempur pada tahun ini.

"Esensi terpenting dari penambahan alutsista bukanlah pada penambahan jumlah platformnya. Namun, yang jauh lebih esensial adalah pada peningkatan kemampuan secara signifikan yang dapat kita berdayagunakan dalam menjaga kedaulatan negara di udara," kata dia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2