TPID DIY Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Jelang Idul Adha, Kenaikan Harga Masih Wajar

Kuntadi ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 10:56:00 WIB
TPID DIY Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Jelang Idul Adha, Kenaikan Harga Masih Wajar
TPID DIY memantau harga sembako di pasar tradisional Gunungkidul. (foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah DIY menjamin ketersediaan bahan pangan pokok dengan harga yang masih terjangkau menjelang Hari Raya Idul Adha. Hewan kurban juga cukup tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.  

“Kami sudah melakukan pemantauan di lima kabupaten/kota baik stok cukup dan harganya juga terjangkau,” kata  Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY, Yuna Pancawati, Selasa (28/6/2022). 

Menurutnya, dari pantauan di lapangan ada kenaikan harga pada komoditas tertentu seperti cabai, bawang merah, telur, daging ayam ras. Namun secara umum, dapat dikatakan ketersediaan pangan di DIY aman. Kenaikan harga pada komoditas tertentu disebabkan adanya faktor cuaca yang tidak menentu dan meningkatnya harga pakan ternak. 

“Guna menjamin ketersediaan bawang merah, telah dilakukan penanaman di pesisir dan penyerahan bantuan alat mesin pertanian di Sleman dan Gunungkidul untuk meningkatkan produktivitas pertanian,” ujarnya.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY juga telah melakukan koordinasi dengan institusi terkait lainnya dalam pengawasan dan pemantauan di titik-titik penjualan hewan kurban. Termasuk melakukan pengawasan lalu lintas ternak yang keluar masuk wilayah DIY dengan pemeriksaan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH/Sertifikat Veteriner).

“Setiap hewan yang masuk harus memiliki SKKH dari dinas yang membidangi kesehatan hewan, serta dilakukan pemeriksaan identitas pengirim, rekomendasi pengeluaran atau pemasukan ternak dan pemeriksaan fisik ternak,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: