Tujuh RS Rujukan Covid-19 Sepakat Tambah Tempat Tidur Pasien Positif

Antara · Rabu, 02 Desember 2020 - 17:40:00 WIB
Tujuh RS Rujukan Covid-19 Sepakat Tambah Tempat Tidur Pasien Positif
Ilustrasi petugas medis mengevakuasi pasien positif corona . (Foto: Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id - Jumlah tempat tidur untuk pasien Covid-19 di Kota Yogakarta ditambah guna meningkatkan kapasitas perawatan pasien. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta memastikan komitmen bersama dengan tujuh rumah sakit untuk penambahan jumlah tempat tidur ini.

“Dari koordinasi kami, akan ada tambahan 68 tempat tidur untuk perawatan pasien. Baik tempat tidur ‘critical’ dan ‘noncritical’,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu (2/11/2020).

Sebelumnya, terdapat 149 tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19, sehingga dengan tambahan baru tersebut maka total tempat tidur untuk perawatan di tujuh rumah sakit rujukan mencapai 217 tempat tidur.

Tujuh rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan pasien Covid-19 di Kota Yogyakarta adalah RS Jogja, RS Pratama, RS Bethesda, RS Panti Rapih, RS Siloam, RS DKT, dan RS PKU Muhammadiyah.

Heroe memastikan seluruh rumah sakit sudah memperhitungkan kemampuan sumber daya manusia dan kondisi rumah sakit sebelum menambah kapasitas tempat tidur perawatan pasien Covid-19. Seluruh tempat tidur tambahan tersebut juga dipastikan memenuhi standar perawatan pasien.

“Pada awalnya, kami berupaya mendorong untuk memanfaatkan 30 persen dari total tempat tidur yang ada di rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien Covid-19,” katanya.

Namun demikian, lanjut dia, untuk sementara ini baru bisa memperoleh tambahan 68 tempat tidur tetapi tidak menutup kemungkinan akan dilakukan penambahan tempat tidur jika memang dibutuhkan dan kondisinya mendesak. Total tempat tidur yang ada di tujuh rumah sakit rujukan tersebut mencapai 1.377 tempat tidur.

Editor : Ainun Najib