Turki Serbu Markas Pemberontak Kurdi di Wilayah Irak, 19 Orang Tewas

Umaya Khusniah ยท Senin, 18 April 2022 - 22:23:00 WIB
 Turki Serbu Markas Pemberontak Kurdi di Wilayah Irak, 19 Orang Tewas
Militer Turki lancarkan serangan udara ke Irak. (Foto: Ist)

ANKARA, iNews.di - Turki menyerbu wilayah Irak. Serangan pasukan komando ini dilakukan untuk menggempur markas gerilyawan Kurdi di Irak utara.

Serangan lintas perbatasan darat dan udara ini menyebabkan 19 pemberontak Kurdi tewas. Menurut Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar dalam video pada Senin (18/4/2022), selain menewaskan pemberontak, ada empat tentara Turki yang terluka. 

Jet tempur dan artileri berat Turki menyerang sasaran yang dicurigai sebagai Partai Pekerja Kurdistan (PKK). 

Pasukan komando yang didukung helikopter dan pesawat tak berawak kemudian menyeberang ke wilayah itu melalui darat atau diterbangkan dengan helikopter. 

Akar mengatakan, jet berhasil menyerang tempat penampungan, bunker, gua, terowongan, depot amunisi dan markas milik PKK. Kelompok itu mempertahankan pangkalan di Irak utara dan telah menggunakan wilayah itu untuk menyerang Turki.

Tidak ada komentar langsung dari kelompok militan Kurdi tentang serangan itu. Selain itu, pernyataan kementerian pertahanan tidak dapat diverifikasi secara independen.

Turki telah melakukan banyak operasi udara dan darat lintas perbatasan melawan PKK selama beberapa dekade terakhir. Serangan terbaru, bernama Operation Claw Lock, dipusatkan di wilayah Metina, Zap, dan Avashin-Basyan di Irak utara.

Tidak ada informasi tentang jumlah pasukan dan jet yang terlibat dalam serangan terakhir.

"Komando heroik dan baret merah marun kami - didukung oleh helikopter serang, kendaraan udara tak berawak, kendaraan udara tak berawak bersenjata - tiba di tempat kejadian melalui darat dan udara dan menangkap target yang ditentukan," kata Akar dalam video kedua.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: