Turunkan 9 SRU, Pencarian Korban Tenggelam Pantai Goa Cemara Diperluas sampai Kulonprogo

Trisna Purwoko ยท Minggu, 09 Agustus 2020 - 15:01 WIB
Turunkan 9 SRU, Pencarian Korban Tenggelam Pantai Goa Cemara Diperluas sampai Kulonprogo
Pencarian korban tenggelam di Pantai Goa Cemara, Bantul (Foto: Dok Basarnas Yogyakarta)

BANTUL, iNews.id – Upaya pencarian korban tenggelam di Pantai Goa Cemara, Bantul, DIY diperluas. Melibatkan sekitar 157 personel gabungan, pencarian sampai di pesisir selatan Kulonprogo.

Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto mengatakan, pencarian dilakukan dengan menyisir sepanjang pantai dengan jalur darat, menggunakan perahu jukung lewat laut dan pencarian dengan drone dari pesawaat dari udara. Pencarian difokuskan ke arah barat dari TKP, dengan melihat kondisi arus dan angin.

“Hari ini ada sembilan SRU (SAR Rescue Unit) yang kita turunkan untuk melakukan pencarian,” kata Pipit.

SRU I, melakukan penyisiran darat dari Pantai Samas sampai dengan muara Sungai Progo menggunakan kendaraan amphibus. Sedangkan SRU II melakukan penyisiran darat dari Muara Sungai Progo sampai Pantai Samas dengan kendaraan ATV.

Sementara SRU III melakukan penyisiran dengan berjalan kaki dari Pantai Goa Cemara sampai di Pantai Baru, dan SRU IV dari Pantai Baru ke Muara Sungai Progo. Sedangkan SRU V melakukan penyisiran laut dari Pantai Congot sampai dengan Pantai Samas dengan menggunakan perahu Jukung.

Untuk SRU VI melakukan penyisiran di wilayah Kabupaten Kulonprogo dari Pantai Trisik sampai dengan Pantai Bugel dengan berjalan kaki. Dan SRU VII dari Pantai Bugel ke Pantai Trisik.

“SRI VIII melakukan penyisiran udara dengan 2 unit drone dari Pantai Baru sampai Pandansimo di ketinggian 20 meter dan radius 400 meter. Sedangkan SRU IX dengan pesawat Trike milik FASI DIY,” katanya.

Sampai siang ini, jasad Akhmad Choirul F (4) warga Cemoro, tempel yang tenggelam sejak Kamis (6/8/2020) belum berhasil ditemukan. Sedangkan jasad 6 anggota keluarganya yang lain sudah ditemukan terlebih dulu.

Musibah ini terjadi saat keluarga ini wisata di Pantai Goa Cemara. Saat asyik bermain bola datang ombak besar yang menyerat korban. Dua korban Ulli Nur Rahmi (28) dan Ahmad Nur Fauzi (30) berhasil ditemukan beberapa saat setelah kejadian.

Selang sehari, jasad Riski Romadhon (7) ditemukan di Pantai Indocor. Sedangkan jasad Joko Widodo (38) ditemukan di Perairan Galur, Kulonprogo. Terakhir jasad Muhammad Zidan Abrori (8) dan M Zafir Zaki Alfarizi (8), ditemukan di Pantai Indocor.


Editor : Kuntadi Kuntadi