Uang Baru Bisa Diambil di Usia 56 Tahun, KSPI Menduga Dana JHT Kosong

Carlos Roy Fajarta ยท Rabu, 16 Februari 2022 - 07:59:00 WIB
Uang Baru Bisa Diambil di Usia 56 Tahun, KSPI Menduga Dana JHT Kosong
Aturan dana Jaminan Hari Tua (JHT) baru bisa diambil pekerja atau buruh saat usia 56 tahun diduga akibat ada kekosongan dana. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - Aturan dana Jaminan Hari Tua (JHT) baru bisa diambil pekerja atau buruh saat usia 56 tahun diduga akibat ada kekosongan dana. Dugaan ini disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal.

Said Iqbal menyampaikan dugaan ini saat melaksanakan konferensi pers kepada awak media, Selasa (15/2/2022) secara daring.

"Muncul spekulasi, jangan-jangan uang itu tidak ada. Padahal JHT itu tabungan. Sama seperti kita menabung di bank, bebas ambil kapan saja. Tapi ini bedanya tabungan sosial atau dana titipan (trust fund)," ujar Said Iqbal.

Said Iqbal menduga Menteri Tenaga Kerja tidak berkonsultasi dengan Presiden saat mengambil keputusan mengeluarkan aturan Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata, Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat JHT yang menimbulkan gejolak di masyarakat.

"Ini yang titipan buruh dan pengusaha, pekerja membayar 2 persen dipotong gaji, pengusaha bayar 3,7 persen dengan labour cost. Jadi 5,7 persen itu hak milik buruh. Tiba-tiba ada spekulasi jangan-jangan uang JHT tidak ada, kepakai buat apa. Spekulasi itu bisa muncul. Karena kalau tabungan mau diambil kapanpun tidak masalah, masak harus menunggu usia 56 tahun," kata Said Iqbal.

Dia menyebutkan Lazimnya di seluruh negara-negara dunia ada jaminan sosial saat ada krisis ekonomi atau wabah berkepanjangan, maka ada dana cadangan atau tabungan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: