UGM Kenalkan Mobil Semar Proto, Diklaim Jadi Kendaraan Listrik Paling Irit se-Asia

Yohanes Demo ยท Jumat, 18 November 2022 - 15:14:00 WIB
UGM Kenalkan Mobil Semar Proto, Diklaim Jadi Kendaraan Listrik Paling Irit se-Asia
Tim Semar UGM berfoto di depan mobil Semar Proto yang berhasil memecahkan rekor sebagai kendaraan listrik paling irit se-Asia. (Foto : dok UGM)

YOGYAKARTA, iNews.id- Sebagai salah satu kampus ternama, Universitas Gadjah Mada (UGM) kerap menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam dunia teknologi. Tak jarang, hasil karya mahasiswa UGM mendapat penghargaan baik nasional maupun internasional.

Seperti halnya mobil listrik yang dikembangkan oleh mahasiswa UGM saat ini. Baru-baru ini, tim pengembang mobil listrik Semar UGM berhasil mengembangkan mobil bertenaga listrik. Bahkan, karya mereka meraih penghargaan sebagai pemecah rekor sebagai kendaraan listrik dengan konsumsi energi paling irit se-Asia dalam kompetisi tahunan Shell Eco-Marathon 2022.

Ketua Umum tim Semar UGM, Abdul Adzim Iftikar Mardiansjah mengatakan, pada kompetisi yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, NTB pada 11-15 Oktober 2022 lalu, tim Semar Proto sukses meraih juara 1 di kategori Prototype Kelas Battery-Electric dengan rekor jarak tempuh 587 km/kWh. Capaian itu memecahkan rekor sebelumnya oleh tim HuaQi EV dari China dengan jarak tempuh 501 km/kWh.

"Mobil Semar Proto merupakan kendaraan hemat energi yang dikembangkan dengan mesin konvensional," kata dia kepada awak media saat konferensi pers di UGM, Jumat (18/11/2022).

Mobil tersebut kata dia, memiliki koefisien drag 0.11 dan memanfaatkan bahan carbon fiber untuk bodi mobil. Pemilihan bahan tersebut sebagai upaya untuk menyiasati bobot kendaraan sehingga berat totalnya hanya 27 Kg.

Dia menyebut bahwa mobil Semar Proto merupakan mobil dengan berat teringan yang pernah dikembangkan oleh timnya. Sebagai penggerak, mobil Semar Proto ini menggunakan motor listrik Direct Current (DC) berdaya 250 Watt bertegangan 48 Volt. Sedangkan untuk penerus daya energi gerak, mobil ini menggunakan komponen rantai.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: