UMY Siapkan Program Kampus Sehat Senyaman Taman, Begini Konsepnya

Kuntadi ยท Selasa, 18 Oktober 2022 - 22:10:00 WIB
UMY Siapkan Program Kampus Sehat Senyaman Taman, Begini Konsepnya
Rektor UMY Gunawan Budiyanto memaparkan program Kampus Sehat Senyaman Taman. (foto; istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyosialisasikan kebijakan dan persiapan dalam mewujudkan Kampus Sehat melalui program Rektor Menyapa. Guna mewujudkan Kampus Sehat, telah disiapkan Program kampus Sehat Senyaman Taman. 

Program Rektor Menyapa ini merupakan implementasi dari penunjukan Kementerian Kesehatan kepada UMY sebagai Kampus Sehat bersama sembilan universitas yang lain. Program ini dilaksanakan di Gedung AR Fachruddin A dan bisa diakses melalui kanal Zoom dan Youtube. 

Selain rektor juga hadir dekan dari setiap fakultas, Direktur Program Vokasi dan Program Pascasarjana. Rektor Menyapa kali ini difokuskan untuk membahas program Kampus Sehat, termasuk pemaparan program khusus Kampus Sehat Senyaman Taman.

“Kampus sehat yang ideal itu bersifat fisik maupun non-fisik,” kata Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto, Selasa (18/10/2022). 

Menurut Gunawan, Kampus Sehat secara fisik berarti aspek lingkungan di kampus tersebut memberikan dukungan yang positif untuk kehidupan kita. Sementara sifat non-fisik didukung oleh penghuni kampus tersebut bagaimana cara kita menjadi orang yang berbahagia, berbuat baik dan beretika. 

Terkait program Kampus Sehat Senyaman Taman, UMY memiliki indikator tersendiri yang sebenarnya tidak tercantum dalam penilaian dari Kementerian Kesehatan. Salah satu indikator tersebut adalah kesiapan dalam menghadapi situasi gawat darurat yang dibuktikan dengan diadakannya code blue. 

“Protokol ini dikhusukan untuk menghadapi keadaan tertentu seperti kegawatan medis, henti jantung dan ancaman jiwa,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: