Unik, Perajin Batik Kulonprogo Ciptakan Motif Nasional Bergambar Garuda Pancasila

Kuntadi ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 19:58:00 WIB
Unik, Perajin Batik Kulonprogo Ciptakan Motif Nasional Bergambar Garuda Pancasila
Hanang Mintarta menunjukkan koleksi batik dengan motif Garuda Pancasila menyambut HUT Kemerdekaan. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Perajin batik di Kabupaten Kulonprogo, Hanang Mintarta menciptakan motif batik spesial menyambut peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77. Dia menciptakan batik dengan beberapa motif bertemakan nasionalisme.

Beberapa motif batik yang diciptakan, bergambar Garuda Pancasila lengkap dengan tulisan Bhineka Tunggal Ika. Selain itu juga ada batik dengan motif peta kepulauan Indonesia, bendera merah putih hingga beraneka ragam batik dengan corak merah putih. 

“Kami ciptakan desain khusus ini untuk mengenang sejarah dan momen peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia,” kata Hanang, Kamis (4/8/2022). 

Pemilik Banyu Sabrang Batik ini mengatakan, proses pembuatan batik tulis abstrak bertema 17 Agustus ini tidak ada bedanya dengan batik biasanya. Hanya prosesnya lebih lama karena harus lebih detail dan ketelitian. Satu kain batik butuh sekitar tujuh hari. 

Konsumen juga bisa memesan batik sesuai keinginan. Mulai dari warna, gambar atau motif. Mereka siap mengikuti selera konsumen.

“Kami pasarkan di seluruh Indonesia, karena kami juga menjual lewat media sosial,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: