Varian Delta Masuk Yogyakarta, Sultan Minta Vaksinasi Diperluas

Gunanto Farhan ยท Minggu, 18 Juli 2021 - 09:35:00 WIB
 Varian Delta Masuk Yogyakarta, Sultan Minta Vaksinasi Diperluas
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, mengumumkan 20 kasus terindikasi terpapar varian delta di Yogyakarta, Sabtu (17/7/2020). Sultan menyampaikan sejumlah rekomendasi terkait temuan dari pemeriksaan WGS UGM. Foto: iNews.id/Gunanto Farhan

YOGYAKARTA, iNews.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengumumkan, virus corona varian delta telah masuk ke wilayah Yogyakarta. Sebab 25 hasil penelitian sampel yang diambil dari berbagai wilayah di Yogyakarta, 20 diantaranya terpapar varian delta.

Menyikapi hal ini, Sri Sultan menyampaikan sejumlah rekomendasi, diantaranya yakni, memperluas cakupan vaksinasi. Sultan juga meminta kelompok rentan dilakukan pemeriksaan.

"Perlunya percepatan dan cakupan vaksinasi Covid-19 pada masyarakat karena orang yang tidak tervaksin bisa menjadi sumber mutasi baru," ujar Sultan, Sabtu (17/7/2021).

Penelitian WGS dilakukan di Laboratorium Pokja Genetik FKMK UGM. Sultan menyebutkan, dari 20 orang yang terindikasi terpapar Covid-19, 11 pada orang dewasa dan sembilan pada anak-anak.

"Hasil pemeriksaan WGS terhadap 25 spesimen yang terdiri atas 15 orang dewasa dan 10 anak-anak mengindikasikan 20 orang terpapar varian delta," tutur Sultan.

Merujuk pada pesatnya kasus Covid-19 di DIY, lanjut Sultan, langkah-langkah penanganan harus dilakukan. Dia meminta dilakukan pemeriksaan terhadap pasien kontak erat baik dalam lingkup rumah tangga maupun perusahaan.

"Proses isolasi mandiri harus dilakukan dengan aman, taat dan disiplin. Kontak erat harus dilakukan karantina tanpa terkecuali," katanya.

Editor : Erwin C Sihombing