Video Viral Pasien Covid-19 di RS Kota Jogja Kabur, Satpol PP: Itu Simulasi

Nani Suherni ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 12:14 WIB
Video Viral Pasien Covid-19 di RS Kota Jogja Kabur, Satpol PP: Itu Simulasi
Tangkapan layar video viral simulasi pasien Covid-19 kabur

YOGYAKARTA, iNews.id - Video seorang berbaju oranye dan dua petugas dengan alat pelidung diri (APD) lengkap di jalanan Yogyakarta mengejar seseorang viral di media sosial. Diketahui, video itu merupakan simulasi dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta ketika menindak kegiatan di luar dugaan, salah satunya pasien kabur.

"Video maupun postingan tersebut merupakan kegiatan SIMULASI untuk menangani orang terduga terserang Covid-19 di kerumunan," ujar akun resmi Satpol PP DIY dalam keterangannya di akun Instagramnya.

Hal tersebut juga dipertegas dari keterangan akun resmi Pemda DIY. Mereka memastikan tidak ada pasien Covid-19 dirawat di RSUD Kota Jogja kabur.

"Kami memastikan bahwa hal tersebut adalah simulasi yang dilakukan oleh aparat yang bertugas untuk mengedukasi warga agar tidak berkerumun tanpa mengindahkan protokol kesehatan dari pemerintah," tulis akun Instagram Humas Jogja.

Sayangnya, beredarnya video tersebut di tengah wabah Covid-19 membuat neziten kecewa. Mereka menilai, kegiatan simulasi melibatkan masyarakat tanpa pemberitahuan justru membuat panik.

"Covid dibuat simulasi, mungkin tujuannya baik, tapi sepertinya kurang tepat, tidak pada tempatnya. Takutnya kalau lain waktu beneran ada pasien kabur nanti warganya nganggep cuma simulasi," ujar akun @nia.krisnaa.

Warganet dengan akun ibrahimerlangga.04 juga melihat simulasi jusrtu akan membuat warga khawatir. Dia menyarankan pemerintah lebih baik membuat imbauan agar warganya tetap tenang selama pandemi Covid-19.

"Udah pandemi kok simulasi ditengah masyarakat, bukan bikin ayem malah bikin khawatir masyarakat. jgn sampe klarifikasi hoax itu kebenaran yg ditutupi," kata @ibrahimerlangga.04.


Editor : Nani Suherni