Viral Nisan di Bantul Berbentuk Mobil BMW, Sering Dijadikan Warga Lokasi Berswafoto

Trisna Purwoko ยท Selasa, 15 Juni 2021 - 17:49:00 WIB
Viral Nisan di Bantul Berbentuk Mobil BMW, Sering Dijadikan Warga Lokasi Berswafoto
Nisan berbentuk mobil BMW di Permakaman Gunung Sempu, Kabupaten Bantul, DIY, Selasa (15/6/2021). (Foto: iNews/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id - Sebuah makam di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi viral di media sosial karena nisannya berbentuk mobil BMW. Makam berusia 17 tahun itu berada di area Permakaman Gunung Sempu, Kabupaten Bantul, DIY.

Nisan itu penanda makam mendiang Steven Mario Yopitan Susanto yang meninggal dunia dalam usia 23 tahun pada 5 Agustus 2004 silam. Pada bagian depan nisan berbentuk mobil tersebut terlihat tulisan nama Rio, tanggal kelahiran 8 Maret 1981 dan tanggal kematiannya 5 Agustus 2004.

Video nisan ini awalnya diunggah seorang warga yang berfoto di dekat makam area blok 3 tersebut. Dari ribuan makam di area Gunung Sempu, makam itu memang sangat menarik perhatian karena satu-satunya yang memiliki nisan berbentuk mobil.

Tampilannya sangat berbeda dengan nisan makam warga etnis Tionghoa yang umumnya memiliki hiasan berupa gambar beraneka warna serta tulisan dengan huruf Mandarin berwarna emas. 

“Dari semua yang ada di sini, memang nisan penanda makam mendiang Mas Rio ini yang paling unik,” kata petugas yang bertugas merawat dan menjaga makam, Prima Ikhsan Ndaru, Selasa (15/6/2021). 

Prima mengatakan, nisan makam berbentuk mobil ini menjadi tanda kasih dari orang tua kepada mendiang Steven Mario Yopitan Susanto  yang meninggal dunia pada 5 Agustus 2004 silam. Apalagi, saat meninggal, usia Rio terbilang masih muda.

Sebulan setelah Rio dimakamkan, orang tua dan keluarga besarnya membawa mobil remote control dan meminta kepada sejumlah pekerja untuk membuat replikanya di atas makam Rio. Nisan berbentuk mobil tersebut dibuat dengan menggunakan batu granit lengkap dengan aksesoris seperti ban dan knalpot. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2