Viral Pria Tendang Sesajen, MUI : Sampaikan Dakwah Jangan Menyakiti

Ainun Najib ยท Senin, 10 Januari 2022 - 16:59:00 WIB
  Viral Pria Tendang Sesajen, MUI : Sampaikan Dakwah Jangan Menyakiti
Tangkapan layar laki-laki yang menendang dan membuang sesajen di Gunung Semeru. (Foto : Ist)

YOGYAKARTA, iNews,id -  Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyesalkan aksi seorang pria menendang serta membuang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. MUI mengimbau agar dakwah tidak dengan menyakiti atau menistakan orang lain.

"Cara menyampaikan dakwa tidak dengan menyakiti orang yang diajak dan tidak dengan menistakan orang yang diajak. Saya tidak setuju (menendang sajen) dan jangan ditiru cara dakwah dengan merendahkan orang lain (seperti itu)," kata Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Muhammad Cholil Nafis, usai menghadiri acara rapat kerja Baznas, di Yogyakarta, Senin (10/1/2021).

Cholil Nafis mengatakan meskipun menganggap sesajen itu tidak benar atau syirik maka hendaknya dakwah disampaikan dengan baik dan edukatif tanpa harus menyakiti orang lain. 

"Diajak bicara baik-baik, dialog baik jangan dengan kekerasan. Diajak diskusi dalilnya apa (tidak boleh pakai sesajen). Kalau kemudian ada orang tidak ikuti dalilnya itu ya jangan dinistakan," katanya.

Cholil Nafis berharap kejadian ini tidak sampai menimbulkan keresahan sosial. Menurutnya di Indonesia menjamin warga negaranya untu melaksanakan keyakinanya masing-masing.

"MUI menyesalkan adanya kejadian itu apalagi ada yang tersingung dan tersakiti budayanya. Semoga ini tidak menimbulkan kerusuhan ataupun keresahan sosial," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: