Waduh, 30 Mantan Pilot Jet Tempur Inggris Direkrut China untuk Ajari Tentara PLA

Umaya Khusniah ยท Rabu, 19 Oktober 2022 - 09:30:00 WIB
Waduh, 30 Mantan Pilot Jet Tempur Inggris Direkrut China untuk Ajari Tentara PLA
Pilot veteran Inggris direkrut untuk melatih Tentara China cara mengalahkan pesawat tempur Barat. Tampak tentara China berbaris rapi dalam suatu kegiatan militer. (Foto Ilustrasi : Ist)

LONDON, iNews.id - Inggris gerah dengan ulah China yang merekrut mantan pilot militer mereka. Para veteran ini diduga direkrut untuk melatih Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Sebanyak 30 mantan pilot militer veteran Inggris direkrut oleh China. Inggris meminta agar China berhenti merekrut mantan pilot militer negaranya. Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) khawatir mereka para pilot veteran ini diminta mengajari cara mengalahkan pesawat tempur Barat. 

Seperti dilansir sejumlah media berita Barat, termasuk BBC, Sky News, dan New York Times, praktik ini legal. Ini pertama kali diketahui oleh pemerintah Inggris pada 2019 saat beberapa veteran pilot itu teridentifikasi. 

Kementerian Pertahanan menganggap situasi ini cukup serius untuk mengeluarkan 'peringatan ancaman' resmi. Ini untuk memperingatkan pegawai dan mantan pilot tentang upaya perekrutan China.

"Kami mengambil langkah tegas untuk menghentikan skema perekrutan China," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan seperti dikutip oleh media setempat. 

Dalam pernyataan itu, mengingatkan jika personel militer tunduk pada Undang-Undang Rahasia Resmi. Kementerian saat ini juga sedang meninjau penggunaan kontrak kerahasiaan dan perjanjian non-pengungkapan untuk menangani masalah tersebut.

Seorang sumber di pejabat di Kementerian Pertahanan Inggris, pemerintah China membayar veteran pilot itu dengan mahal. Yakni sebanyak 270.000 dolar AS atau sekitara Rp4,1 miliar per tahun.

"Tapi pilot yang akrab dengan jet tempur F-35 buatan AS belum direkrut," ujar sumber tersebut.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: