Wali Kota Yogyakarta Dorong Pelaku UMKM Urus Legalitas Usaha

Kuntadi ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 17:27 WIB
Wali Kota Yogyakarta Dorong Pelaku UMKM Urus Legalitas Usaha
UMKM (ilustrasi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendorong para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mengurus legalitas usahanya. Itu akan menjadi dasar bagi penerima bantuan permodalan yang akan dikucurkan pemerintah.

“Legalitas usaha harus ada sebagai dasar penerima bantuan permodalan. Jadi UMKM harus mengurusnya,” kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat membuka rapat koordinasi pengembangan UMKM melalui pembiyaan mudah murah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang digelar di Yogyakarta, Kamis (15/10/2020).

Di Kota Yogyakarta ada sekitar 26.000 pelaku UMKM yang tersebar di 14 kecamatan. Dari jumlah ini hanya 6.993 pelaku usaha yang mengantongi legalitas usahanya.

“Harapan kami, permodalan dapat membangkitkan kembali perekonomian pelaku UMKM yang terkena dampak Covid-19,” katanya.

Haryadi mengatakan pelaku UMKM menjadi salah satu sektor usaha yang banyak digeluti warganya. Mereka memiliki potensi besar untuk engembangkan perekonomian daerah. Banyak lapangan kerja yang muncul dari UMKM dari berbagai sektor usaha.

“Pemberdayaan UMKM akan bermanfaat pada perluasan lapangan kerja dan percepatan perputaran roda perekonomian khususnya bagi masyarakat prasejahtera,” kata Haryadi.


Editor : Kuntadi Kuntadi