Warga Bantul Diajak Bikin Lubang di Tanah untuk Olah Sampah Organik

Antara ยท Rabu, 16 November 2022 - 22:39:00 WIB
  Warga Bantul Diajak Bikin Lubang di Tanah untuk Olah Sampah Organik
Warga Bantul didorong untuk megolah sampah mandiri. Ini untuk mengurangi sampah yang dibuang di TPST Piyungan. Saat ini TPST Piyungan sudah penuh dan baunya sampai kemana-mana. (Foto TPST Piyungan : Facebook Kang Yani Piyungan)

BANTUL, INews.id- Warga Bantul khususnya di perdesaan didorong untuk membuatan parit atau lubang di tanah guna pengolahan sampah organik. Pembuatan lubang di tanah ini bisa menjasi solusi untuk mengatasi masalah sampah.

“Untuk mengurangi sampah, jika di Bantul masih banyak perdesaan bisa digalakkan masyarakat untuk membuat lubang,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Ari Budi Nugroho di Bantul, Rabu (16/11/2022).

Budi Nugroho mengatakan, dengan membuat lubang di permukiman dan perdesaan yang luas wilayahnya, dapat menjadi salah satu solusi mengatasi masalah sampah atau darurat sampah, mengingat banyaknya sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). di Piyungan terus meningkat.

Budi menambahkan jugangan atau lubang di tanah di pedukuhan dan perdesaan yang terdapat lahan luas, maka bisa sebagai solusi mengatasi persoalan sampah.

“Harapan kami warga yang di perdesaan yang memiliki lahan untuk sampah darurat bisa membuat lubang. Apalagi tidak memakan biaya banyak, dan saya yakin akan mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Piyungan,” ucapnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: