Warga Gunungkidul yang Ditangkap Densus 88 Berasal dari Semarang

Kismaya Wibowo ยท Rabu, 30 September 2020 - 15:33:00 WIB
Warga Gunungkidul yang Ditangkap Densus 88 Berasal dari Semarang
Polisi menutup akses jalans elama penangkapan warga Gunungkidul oleh Densus/ (foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Warga Padukuhan Ngawu, Kalurahan Ngawu, Kapanewon Playen, Gunungkidul, War (50) yang diamankan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror merupakan warga pendatang asal Semarang, Jawa Tengah. Selama mengontrak dan tinggal di Gunungkidul, War ikut membaur dengan kegiatan warga.

“Dia kontrak di sini satu tahun tetapi baru sekitar enam bulan tinggal,” kata Ketua RT 02, Suyono, Rabu (30/9/2020).

Suyono mengatakan, War mengontrak rumah itu untuk tempat tinggal bersama tiga anak dan istrinya. Saat datang pertama dia juga membawa identitas diri.

“Pas datang laporan semua syaratnya lengkap dia datang dari Semarang,” katanya.

Selama tinggal di Playen, keluarga ini juga lumrah dan mengikuti kegiatan masyarakat. Mereka juga sering ikut dalam kegiatan sosial, begitu juga dengan kegiatan yang lain.

“Orangnya srawung (bergaul), secara sosial biasa, kegiatan juga baik,” katanya.

Suyono mengaku tidak tahu detail barang apa saja yang dibawa polisi saat dilakukan penggeledahan. Ketia dia datang jumlah polisi sangat banyak.

Penangkapan War oleh tim Densus 88 membuat warga kaget. Selama setengah tahun tinggal, dia aktif dalam kegiatan kerja bakti dan sosial. Setiap salat dia akan pergi ke masjid untuk melaksanakan salat jamaah.

“Bergaulnya bagus, ikut kerja bakti. Kalau sore main layangan dengan anaknya,” kata Muti, warga yang tinggal di dekat rumah kontrakan War.

Sejak pagi, akses jalan menuju ke rumah War sudah ditutup oleh petugas. Warga setempat yang akan melintas dilarang masuk. Mereka diminta untuk menunggu, sampai siang hari setelah proses penangkapan dan penggeledahan selesai.


Editor : Kuntadi Kuntadi