Warga Kulonprogo Sediakan Wifi Gratis untuk Siswa Belajar Online selama Pandemi Covid-19

Budi Utomo ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 13:20 WIB
Warga Kulonprogo Sediakan Wifi Gratis untuk Siswa Belajar Online selama Pandemi Covid-19
Seorang warga di Kulonprogo menyediakan internet gratis di rumahnya untuk membantu siswa belajar secara daring. (Foto: iNews.id/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id – Seorang konselor lembaga sosial, Nur Fikri Al Amin (30) warga Kopat, Karangsari, Pengasih Kulonprogo, DIY, menyediakan internet di rumahnya untuk membantu siswa belajar daring. Menggunakan layanan wifi, anak-anak bisa mengakses internet secara gratis selama 24 jam nonstop.
“Saya ingin bantu warga yang kesulitan membeli paket data untuk kuota internet, agar anak-anak bisa belajar secara online,” kata Nur Fikri, Selasa (4/8/2020).

Setiap hari, ada puluhan anak-anak datang untuk mengakses wifi yang disediakan. Tidak hanya pelajar SD, mahasiswa ada yang memanfaatkannya. Mereka bukan hanya dari sekitar rumah, namun ada yang dari tetangga desa.

Lantaran di masa pandemi Covid-19, setiap anak wajib menerapkan protokol kesehatan. Begitu tiba harus mencuci tangan dengan sabun, menggunakan hand sanitizer dan mengenakan masker serta jaga jarak. Selebihnya anak-anak belajr di teras rumah dan di ruang tamu keluarga.

“Kalau ada makanan atau minuman kita juga sediakan untuk mereka,” katanya.

Nur Fikri mengatakan dirinya sudah berlangganan internet dari salah satu provider untuk mendukung pekerjaannya sebagai konselor. Kuota yang ada tidak habis kalau dipakai sendiri. Dari situlah dia mempersilakan kepada para pelajar untuk datang ke rumahnya.

Salah seorang siswa, Nuri Rahmawati mengaku di rumahnya sinyal cukup susah. Sedangkan tugas sekolah setiap hari ada. Dari ajakan temannya, dia tahu ada warga yang menyediakan internet gratis.

“Ini untuk mengerjakan tugas. Rumah saya jauh, sekitar tiga kilometer dari sini,” kata pelajar sebuah SMK di Kulonprogo.

Pelajar yang lain, Nesti Nur Cahyani mengaku memanfaatkan wifi gratis ini karena paket internetnya cukup boros. Ada beberapa tugas yang materinya harus diunduh, sehingga kuotanya cepat habis.

“Senang ada wifi gratis, banyak yang harus saya download sehingga kuota cepat habis,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi