Warga Perantauan Gunungkidul di Jabodetabek Ramai-Ramai Mudik Jelang Idul Adha

Kuntadi ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 20:15 WIB
Warga Perantauan Gunungkidul di Jabodetabek Ramai-Ramai Mudik Jelang Idul Adha
Penumpang yang turun di Terminal Semin, Gunungkidul mengalami peningkatan jelang Idul Adha. (Foto: istimewa)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Jumlah penumpang di Terminal Semin Gunungkidul meningkat menjelang Hari Raya Idul Adha. Banyak warga Gunungkidul yang merantau di Jabodetabek, mudik ke kampung halaman untuk melaksanakan kurban.

“Peningkatan sudah terjadi sejak Hari Selasa (28/7/2020) lalu, banyak penumpang tiba dari Jabodetabek,” kata Kepala Terminal Semin, Nur Wijaya Selasa (28/7/2020).

Dalam kondisi normal, jumlah bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang masuk di Terminal Semin hanya sekitar 10 kendaraan saja. Namun dalam tiga hari ini mengalami penigkatan hingga 25 armada bus yang masuk. Sedangkan penumpang yang berangkat cenderung stabil.

“Banyak warga perantauan mudik, dan sudah tiga hari bus yang masuk bertambah,” katanya.

Untuk mencegah penularan Covid-19, para penumpang wajib menjalankan protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak menggunakan masker dan mencuci tangan. Fasilitas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga telah ditambah.

Salah seorang penumpang Amanda Dian mengatakan, sengaja pulang untuk menggunakan jatah cuti libur. Selama masa pandemi Covid-19 dia tidak bisa pulang ke kampung halamannya. Namun, dia bisa mudik karena ada pelonggaran dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

“Kebetulan memang dapat jatah cuti, jadi pulang,” kata Amanda.


Editor : Kuntadi Kuntadi