Wayang Kulit Jadi Tontonan dan Tuntunan, Upaya Pemusnahan Tindakan Tak Beradab

Ainun Najib · Kamis, 17 Februari 2022 - 09:39:00 WIB
Wayang Kulit Jadi Tontonan dan Tuntunan, Upaya Pemusnahan Tindakan Tak Beradab
Tokoh masyarakat DIY, Gandung Pardiman menyebut wayang adalah tontonan sekaligus tuntunan. Foto : Ist)

YOGYAKARTA, iNews,id - Penggalan video yang menampilkan statmen Ustaz Khalid Basalamah tentang wayang tuai kontroversi. Tanggapan statmen itu terus bermunculan meski yang bersangkutan sudah mengklarifikasi dan minta maaf.

Di DIY, tanggapan terkait wayang kulit ini muncul dari tokoh masyarakat. "Wayang kulit itu tontonan sekaligus juga tuntunan yang mengajarkan berbagai hal dalam kehidupan," kata Gandung Pardiman, Kamis (17/2/2022).

Menurut pendiri yayasan GPC ini, upaya pemusnahan wayang kulit merupakan tindakan tak beradab. Gandung menyebut wayang kulit memiliki peranan penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. 

Sunan Kalijaga berhasil menyebarkan agama Islam di Jawa dengan perkembangan yang sangat pesat karena menggunakan media wayang kulit. Sunan Kalijaga mengembangkan wayang purwa, yakni wayang kulit bercorak Islam."Wayang menjadi  media dakwah Islam yang paling sukses di Indonesia," kata anggota DPR dari dapil DIY ini

Wayang dianggap berhasil sebagai media dakwah dan syiar Islam karena menggunakan pendekatan  psikologi, sejarah, pedagogi, hingga politik. Wayang kulit merupakan produk budaya yang  telah ada sebelum Islam berkembang di Pulau Jawa. 

"Sejak agama Islam datang dan disebarkan, wayang telah mengalami perubahan. Budaya ke-Islaman dalam wayang kulit purwa tak hanya dijumpai pada wujudnya, tetapi juga pada istilah-istilah dalam bahasa padalangan. Bahasa wayang, nama tokoh wayang, dan lakon atau certa yang dipergelarkan. Contohnya dua kalimat syahadat dalam pewayangan disebutkan kalimasada," jelas Gandung.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: