WhatsApp, Facebook dan Instagram Down Lebih dari 6 Jam, Ini Dugaan Peyebabnya

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 05 Oktober 2021 - 08:24:00 WIB
 WhatsApp, Facebook dan Instagram Down Lebih dari 6 Jam, Ini Dugaan Peyebabnya
WhatsApp, Facebook, dan Instagram down alias tumbang selama 6 jam. (Foto Ilustrasi: Ist)

JAKARTA, iNews.id – Aplikasi media sosial WhatsApp, Facebook, dan Instagram mulai pulih pada Selasa (5/10/2021) setelah tumbah alias down selama 6 jam. Aplikasi perpesanan WhatsApp masih baru mulai pulih pada pukul 05.27 pagi WIB ini.

Menurut kelompok pemantau situs web Downdetector menyebut kejadian tersebut sebagai kegagalan terbesar internet yang pernah ada. 

Para pakar keamanan mengatakan dugaan sabotase oleh orang dalam secara teoretis mungkin saja terjadi. Namun gangguan itu bisa juga berasal dari masalah pada komputer server Facebook. 

Pimpinan Facebook Inc pun meminta maaf kepada para pengguna di seluruh dunia atas tumbangnya layanan mereka.

“Untuk setiap bisnis kecil dan besar, keluarga, dan individu yang bergantung pada kami, saya meminta maaf,” cuit Chief Technology Officer (CTO) Facebook, Mike Schroepfer, di Twitter.

Dia mengatakan, mungkin diperlukan waktu untuk memulihkan ketiga platform itu hingga 100 persen. Namun, Schroepfer tidak menjelaskan lebih perinci tentang masalah gangguan itu.

Untuk diketahui pemadaman ketiga platform milik Facebook itu berlangasung sejak menjelang malam tadi, atau hampir 6 jam. 

Reuters melansir, saham Facebook—yang memiliki hampir 2 miliar pengguna aktif setiap hari—dibuka lebih rendah menyusul laporan itu. Nilainya juga melemah lebih jauh hingga diperdagangkan turun 5,3 persen pada perdagangan Senin (4/10/2021) sore waktu AS. 

Pakar keamanan mengatakan, gangguan itu bisa jadi sebagai akibat dari kesalahan internal di perusahaan Facebook. Kendati demikian, dugaan sabotase oleh orang dalam secara teoretis mungkin saja terjadi.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: