Wisuda 1.490 Lulusan, Rektor UNY: Pendidikan Investasi Peradaban Bangsa

Kuntadi ยท Sabtu, 27 November 2021 - 14:52:00 WIB
 Wisuda 1.490 Lulusan, Rektor UNY: Pendidikan Investasi Peradaban Bangsa
Rektor UNY memberikan sambutan saat wisuda UNY secara daring Sabtu (27/11/2021)

SLEMAN, iNews.id Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar wisuda secara daring dengan meluluskan 1.490 orang, Sabtu (27/11/2021). Wisuda ini meluluskan 13 orang Program Doktor, 299 orang Program Magister, 1.024 orang Program Sarjana, dan 154 orang Program Diploma, dengan penyandang predikat cumlaude sebanyak 853 orang. 

Rektor UNY Prof Sumaryanto mengatakan, pendidikan merupakan investasi peradaban sebuah bangsa untuk menjadikan sebuah negara kuat dan maju. Setiap bangsa, termasuk Indonesia menyusun berbagai strategi pembangunan generasi penerusnya melalui pendidikan yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan prioritas utama pemerintah yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk dapat berkompetisi dan berinovasi dalam kehidupan.

“Lulusan UNY dipersiapkan untuk menjadi calon guru yang memiliki empat kompetensi yang diamanatkan dalam undang-undang guru dan dosen, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial,” kata Rektor dalam sambutannya saat wisuda, Sabtu (27/11/2021). 

Rektor mengatakan, Program Profesi Guru (PPG) yang UNY selenggarakan baik pra maupun dalam jabatan akan memberikan penambahan sejumlah kompetensi sehingga peserta berhak mendapatkan sertifikat pendidik. Selain itu juga dapat meningkatkan kualifikasi akademik dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

“Bagi wisudawan dari program studi non-kependidikan untuk memiliki kemampuan adaptif dan fleksibilitas di dunia kerja,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: